Ganjar Sosok Pemimpin Tegak Lurus Jaga NKRI, Pancasila dan UUD 1945

61
Foto-Ilustasi-Ist

Oleh : Raditya Ramadhani
Ganjar Pranowo merupakan sosok dan figur pemimpin masa depan bangsa yang mampu terus dengan tegak lurus menjaga keutuhan NKRI, menjunjung tinggi nilai Pancasila hingga menerapkan konstitusi UUD 1945 dengan sangat tegas tanpa adanya sikap yang abu-abu. Hal itu kemudian menjadikan banyak diantara relawan dan pendukungnya sangat solid dan kompak memberikan dukungan penuh mengawal kemenangan beliau dalam Pilpres 2024 mendatang.

Ketua Deklarasi Nasional Relawan Jokowi-Ganjar, Teddy Wibisana mengatakan terdapat sebuah makna yang sangat mendalam di balik baju kemeja lengan pendek bermotif garis-garis vertikal berwarna hitam putih yang sempat dikenakan oleh Calon Presiden (Capres) yang diusung oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) tersebut.
Beberapa hal penting yang terkandung di dalam baju kemeja itu, selain bahwa baju tersebut memang didesain sendiri oleh Kepala Negara, namun juga memiliki arti yang sangat mendalam bagi para relawan pendukung pemimpin yang identik dengan rambut putihnya tersebut.

Pasalnya, dalam suatu kesempatan, bukan hanya Ganjar Pranowo yang mengenakan baju kemeja bermotif garis vertikal dengan warga hitam dan putih itu saja, melainkan baju yang serupa juga dikenakan oleh seluruh relawan yang hadir, yang mana artinya adalah dalam konteks warna hitam serta putihnya sendiri merupakan bagaimana sikap dari para relawan tersebut untuk benar-benar dengan jelas dan tegas mendukung Gubernur Jawa Tengah (Jateng) itu agar melaju dalam kontestasi politik Pemilihan Presiden (Pilpres) pada tahun 2024 mendatang.

Diketahui bahwa seluruh relawan sudah sepakat untuk memberikan dukungan dengan sangat tegas dan jelas seperti layaknya ketegasan antara perbedaan warna hitam dan putih, yang melambangkan bagaimana sikap dukungan mereka selama ini sama sekali tidak abu-abu dan sangat total mengawal kemenangan pemimpin berusia 54 tahun itu.

Terdapat pula motif garis lurus secara vertikal dalam baju kemeja yang mereka kenakan itu, yang mana memiliki arti bahwa mereka semua, termasuk tokoh junjungan mereka, yakni Ganjar Pranowo adalah seseorang yang sangat lurus dengan seluruh nilai perjuangan bangsa, karena memang sosok dari Capres yang diusung oleh PDI Perjuangan itu sendiri sangat cocok dengan semua nilai perjuangan, yakni mampu menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), menjujung tinggi nilai Pancasila, hingga tegak lurus pula menjalankan konstitusi Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Seluruh makna yang terkandung di dalam baju kemeja dengan garis vertikal lurus dan berwarna hitam putih itu menjadi semangat hingga simbol perjuangan. Bahkan, pemimpin yang lahir di Karang Anyar itu menegaskan bahwa dirinya bukanlah merupakan sosok orang yang abu-abu ketika sudah memutuskan sesuatu.

Hal tersebut juga menjadi bukti bahwa Ganjar Pranowo sendiri merupakan sosok pemimpin yang sangat tegas dan sesuai dengan kriteria atau karakter pemimpin ideal masa depan bangsa, yang mana Tanah Air memang sangat membutuhkan adanya pemimpin yang mampu dengan sangat tegas dalam segala keputusannya. Bahkan untuk keputusan yang sulit sekalipun, dirinya juga sangat tegas.

Tentunya bukan tanpa alasan mengapa dukungan dari seluruh pihak relawan bisa sampai sangat solid dan kuat kepada sosok kader dari PDI Perjuangan itu. Pasalnya, dirinya dinilai merupakan figur pemimpin yang sudah sangat memiliki kredibilitas tinggi dan kapabilitas sangat baik.
Sebagai informasi, Ganjar Pranowo sendiri telah mengantongi sederet prestasi selama kepemimpinannya menjadi Gubernur di Provinsi Jawa Tengah (Jateng) selama 2 (dua) periode terakhir ini. Beliau telah diberikan penghargaan dalam Anugerah Tokoh Media Radio dari Persatuan Radio Siaran Swasta Nasional Indonesia (PRSSNI) Jawa Tengah pada tahun 2015.

Yang terbaru, Ganjar Pranowo telah menerima penghargaan sebagai Pembina Koperasi Andalan dari Dewan Koperasi Indonesia pada tahun 2023 ini karena dinilai sagat berhasil dalam membina dan turut aktif membesarkan bagaimana berkembangnya koperasi.
Ganjar Pranowo juga menerima Penghargaan Satyalencana Wira Karya pada Puncak Peringatan Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 pada tahun 2023 ini. Penghargaan tersebut diberikan berdasarkan dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 44 Tahun 2023 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Satyalencana Wira Karya. Sosok Gubernur Jateng itu dinilai banyak sekali berjasa dalam memberikan darma bakti kepada negara, khususnya untuk menurunkan angka stunting di daerah.

Pada era kepemimpinan Ganjar, Provinsi Jawa Tengah juga mampu menjadi provinsi terbaik pertama dalam Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2023 yang diberikan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) Republik Indonesia.
Tanah Air sangat membutuhkan sosok dan figur pemimpin masa depan bangsa yang mampu untuk senantiasa tegas lurus dalam komitmen kuatnya menjaga keutuhan NKRI, termasuk pula menjunjung tinggi nilai-nilai dalam Pancasila hingga berpedoman kepada konstitusi UUD 1945. Seluruh hal tersebut terdapat dalam diri Ganjar Pranowo selaku Capres 2024.

Penulis adalah kontributor Lingkar Khatulistiwa