Gerakan Jum’at Bersih Pemkab Labuhanbatu, Budayakan Kembali Semangat Gotong Royong

116

Labuhanbatu-Intipnews.com: Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu di bawah kepemimpinan Bupati dr. H. Erik Adtrada Ritonga, MKM, dan Wakil Bupati Hj. Ellya Rosa Siregar S.Pd, MM, di bulan Mei lalu, mencanangkan gerakan jum,at bersih. Selain untuk menjaga kebersihan lingkungan, kegiatan itu juga dilakukan agar semangat gotong royong yang telah memudar, mem-budaya kembali.

Sejak gerakan ini dicanangkan, maka setiap hari Jum,at, seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Labuhanbatu, wajib mengadakan gotong royong membersihkan lingkungan, dimulai dari lingkungan kantor , ke jalan-jalan protokol dan fasilitas umum lainnya.

Bupati Erik Adtrada tidak hanya mencanangkan gerakan jum’at bersih itu. Tetapi dia ikut terjun langsung bergotong royong, kecuali ada tugas yang harus menghalanginya. Begitu juga dengan Wakil Bupati Ellya Rosa Siregar.

Seperti hari Jum,at (04/04/2023) , Erik hadir ikut bergotong royong kebersihan di tugu gerbang kota Rantauprapat di Jalan WR. Supratman sampai ke tugu Adipura Rantauprapat. (Foto)

“Menjaga kebersihan lingkungan merupakan tanggung jawab semua manusia. Karena tubuh manusia yang sehat berasal dari lingkungan yang sehat dan bersih” kata Erik di sela-sela gotong royong itu.

Erik mengatakan, kota Rantauprapat akan bersih jika semua pihak, baik instansi pemerintah, masyarakat dan swasta
memiliki kesadaran untuk membersihkan lingkungannya secara
bergotong royong.

“Apabila bisa dilaksanakan, mudahan kebersihan di Rantauprapat akan bisa dicapai lebih baik lagi. Mari sama-sama kita laksanakan gotong royong ini, secara rutin. Karena manfaatnya sama sama kita nikmati,” ujarnya.

Di kegiatan gotong royong itu, juga tampak hadir Sekdakab Ir. Hasan Heri Rambe, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Drs. H. Abdul Hamid Zahid dan beberapa kepala OPD serta ASN di lingkungan Pemkab Labuhanbatu.

Sementara itu, ditempah terpisah, di sepanjang jalan H. Adam Malik (bypass) Rantauprapat, Wakil Bupati Labuhanbatu Ellya Rosa Siregar, juga ikut bergotong royong dengan para ASN, personil Polres Labuhanbatu, beberapa Kepala OPD, Lurah dan Kepala Lingkungan.

Di kesempatan itu, Wabup menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membuang sampah secara sembarangan. Karena, membuang sampah secara sembarangan dapat merusak lingkungan dan tentunya dapat menimbulkan bibit – bibit penyakit yang dapat mengancam kesehatan tubuh kita.

“Mari kita jaga lingkungan kita dengan cara tidak membuang sampah sembarangan dan buanglah sampah pada tempatnya,” himbaunya.

Wanita yang pernah menjabat sebagai Ketua DPRD Labuhanbatu ini, mengatakan, gerakan jum,at bersih yang dicanangkan itu, sangat positif. Selain menciptakan lingkungan yang bersih, juga membudayakan kembali semangat gotong royong yang sudah memudar. (Itp AAT)