Gubsu Edy Rahmayadi Mengapresiasi Pemakaian Aplikasi TAP Di SMA/SMK

60
foto :istimewa
Foto: Gubsu Edy Rahmayadi menyerahkan sertifikat pemasangan aplikasi TAP kepada perwakilan SMA/SMK/SLB di aula T.Rizal Nurdin.( Intipnews.com/ Dony)

Medan-Intipnews.com:   Direktur Utama PT. Troya Digital Mesail, Yodan Tunggul Pranata, Jumat( 21/10/2022) menyatakan kesiapan pihaknya membantu pendidikan dan perpustalaan di prov. Sumatera Utara seperti yang diharapkan Gubsu Edy Rahmayadi.

Menurut Yodan , pendidikan menjadi suatu indikator yang tentunya selalu menjadi sorotan. Rendahnya minat baca, dan tingkat literasi Indonesia pada saat ini menjadi faktor adanya penurunan pada sistem pendidikan dalam menumbuhkan minat baca, serta budaya literasi di Indonesia. Tidak dapat disangkal bahwa tingkat literasi dapat menjadi indikator dalam menentukan kualitas sumber daya manusia.

 Gubernur Provinsi Sumatra Utara Edy Rahmayadi mengemukakan Rabu, (19/10) “Saat ini Provinsi Sumatra Utara sedang mengalami bonus demografi  yang luar biasa. Seharusnya hal ini menjadi sebuah peluang yang bisa diambil dari sisi positifnya, dan turut diatasi dengan melakukan strategi dan koordinasi yang tepat.”, paparnya.

Dan pendidikanlah yang menjadi tonggak utama dalam menghadapi bonus demografi tersebut.

Sehubungan dengan tantangan berat yang dihadapi bidang pendidikan tersebut, hal ini sejalan dengan visi dari Troya Academic Platform (TAP) yaitu, membantu meningkatkan pemerataan kualitas, dan akses pendidikan di seluruh penjuru negeri.

 Menurut Direktur Utama PT. Troya Digital Mesail,Yodan,potensi peserta didik yang luar biasa banyak, TAP ingin ikut serta dalam mendukung pemerintah daerah untuk memfasilitasi akses digitalisasi sekolah jenjang SLB dan SMA/SMK di seluruh Sumatera Utara.

Hal itu diwujudkan melalui gerakan Aksi Inovasi Literasi yang di adakan, Rabu 19 Oktober 2022 di Gedung Tengku Rizal Nurdin  diikuti seluruh jajaran perwakilan sekolah SLB dan SMK/SMA seluruh provinsi Sumatera Utara.

Sekaligus peresmian secara serentak bagi sekolah yang telah menggunakan aplikasi TAP, hal ini juga sebagai langkah awal transformasi inovasi literasi digital yang dilakukan oleh pemerintah Provinsi Sumatera Utara yang diinisiasi oleh Dinas Pendidikan Provinsi dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan dan bekerjasama dengan Troya Academic Platform (TAP).

Aksi inovasi literasi dihadiri langsung  Gubernur Provinsi Sumatera Utara, Edy Rahmayadi  dan memimpin peluncuran platform TAP secara serentak oleh 700 sekolah jenjang SLB dan SMA/SMK di seluruh Provinsi Sumatera Utara.

Agenda ini juga dihadiri oleh Plt. Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Prov. Sumatera Utara Dwi Endah Purwanti, Kepala Dinas Pendidikan Prov. Sumatera Utara Asren Nasution, serta perwakilan 700 lebih sekolah SMA/SMK & SLB sederajat Sumatera Utara, serta  perwakilan Kemendikbudristek dan Perpustakaan Nasional.

 Peresmian serentak  Gubsu Edy Rahmayadi menyerahkan sertifikat penghargaan pemasangan aplikasi TAP kepada perwakilan sekolah .  Plt Kepala dinas Perpustakaan & Kearsipan Sumatera Utara  Dwi Endah Purwanti menyatakan,  adanya langkah inisasi pembagian aplikasi perpustakaan digital kepada seluruh sekolah jenjang SLB dan SMA/SMK bekerjasama dengan TAP ini adalah cara Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sumatera Utara untuk membantu meningkatkan minat literasi siswa-siswi seluruh Sumatera Utara dan memotivasi siswa-siswa bahwa membaca tidak harus melalui media cetak atau datang ke perpustakaan, tapi sekarang sudah dipermudah dengan adanya perpustakaan digital.

Aksi literasi ini diharapkan mampu meningkatkan pemerataan akses literasi, serta membantu meningkatkan kesadaran setiap guru, dan sekolah atas keberadaan transformasi digital sebagai pendukung instansi pendidikan dalam menyalurkan semangat belajar para perserta didik.  Literasi merupakan sebuah kebutuhan penting bagi manusia, hal tersebut yang membuat pemerintah provinsi Sumatra Utara berkomitmen melakukan transformasi literasi dengan media digital, dan mengupayakan pemerataan akses dan kualitas pendidikan untuk di wilayah Provinsi Sumatra Utara. (itp/dony)