H Darma Wijaya: Kabupaten Sergai Jadi Lumbung Padi Nomor Satu di Sumut

3
H Darma Wijaya Kabupaten Sergai Jadi Lumbung Padi
Foto: Istimewa

Sei RampahIntipnews: Bupati Serdangbedagai (Sergai) H Darma Wijaya berharap Kabupaten Sergai Menjadi lumbung padi nomor satu di Sumatera Utara (Sumut), untuk itu lahan persawahan di Sergai lebih ditingkatkan. 

Harapan ini disampaikan Bupati Sergai, H Darma Wijaya, saat mengikuti kegiatan panen perdana Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Karya Bersama, di Desa Sei Parit, Kecamatan Sei Rampah, Selasa (21/9/2021).

“Saya mendukung penuh alih fungsi lahan perkebunan menjadi lahan pertanian atau mencetak sawah baru. Hal ini juga secara formal sudah diatur dalam Perda Sergai tentang Alih Fungsi Lahan Pertanian,” kata Bupati Sergai di hadapan hadirin yang di antaranya Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang SH MHum, Plt Camat Sei Rampah Rahmat Suhendra Damanik SSTP, serta jajaran Dinas Pertanian Kabupaten Sergai,

H Darma Wijaya menerangkan, faktanya saat ini luas lahan perkebunan di Sergai mencapai kurang lebih 190 ribu hektare dengan 100 ribu hektare di antaranya adalah perkebunan sawit, karet dan kakao.

H Darma Wijaya menyayangkan konversi atau alih fungsi lahan pertanian menjadi lahan perkebunan, bahkan perumahan. Tentu saja ini mengakibatkan luas lahan pertanian Kabupaten Sergai semakin mengecil.

“Menurut data yang saya terima, saat ini ada 20 ribu hektare lahan yang digunakan untuk produksi ubi. Dulu sawah di Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat ini mencapai 40 ribu hektare, namun sekarang tersisa 31 ribu hektare.

Bahkan dari luas lahan tersebut, 5 hektare di antaranya tanpa irigasi. Ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi kita bagaimana agar Sergai kembali dikenal sebagai daerah lumbung padi nomor 1,” tegas H Darma Wijaya.