Hanya 1 Paslon Daftar, KPU Gunungsitoli Perpanjangan Pendaftaran

90

Gunungsitoli-Intipnews.com:Karena hanya satu bakal pasangan calon [paslon] Walikkota dan Wakil Walikota yang mendaftar hingga penutupan, maka Komisi Pemilihan Umum Daerah [KPUD] Kota Gunungsitoli, Sumatera Utara melakukan sosialisasi perpanjangan pendaftaran.

Sosialisasi yang digelar di De Pakar Resto, Kota Gunungsitoli, Selasa 8 September 2020 [foto] terlihat hadir Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik [Kesbangpol] Abdul Majid Chaniago mewakili Walikota Gunungsitoli, Komisioner Badan Pengawas Pemilu [Bawaslu], dan ketua atau perwakilan partai politik.

Ketua KPU Kota Gunungsitoli Firman Oktavianus Gea mengungkapkan sebelumnya KPU Kota Gunungsitoli telah membuka pendaftaran Balon Walikota dan Wakil Walikota Gunungsitoli pada 4 September 2020 dan ditutup tanggal 6 September 2020.

Namun pada pembukaan pendaftaran hingga penutupan pendaftaran 6 September 2020 pukul 24.00 WIB, hanya ada satu paslon Wali kota dan Wakil Walikota yang mendaftar di KPU Kota Gunungsitoli.

“Karena hanya satu paslon yang mendaftar, maka kita menunda penetapan calon, dan hari ini kita kembali mengumumkan perpanjangan pendaftaran tanggal 11, 12 dan ditutup 13 September 2020 pukul 24.15 WIB,” terangnya.

Dia menyebutkan, sebelum dilakukan penerimaan pendaftaran, mulai hari ini KPU Kota Gunungsitoli memberi pengumuman tanggal 10 September 2020.

“Pengumuman kita beritahu sebelumnya karena KPU Kota Gunungsitoli ingin memberi kesempatan dan berupaya untuk melahirkan beberapa Paslon Walikota dan Wakil Walikota Gunungsitoli tahun 2020,” jelasnya. Menurut dia, melakukan sosialisasi ini agar banyak calon yang mendaftar di Kota Gunungsitoli.

Pada kesempatan yang sama Kaban Kesbangpol Kota Gunungsitoli Abdul Majid Chaniago mewakili Walikota Gunungsitoli mengatakan Pemerintah Kota Gunungsitoli memberikan apresiasi kepada KPU Kota Gunungsitoli yang telah melaksanakan pendaftaran.

“Karena baru satu Balon yng mendaftar, maka KPU Kota Gunungsitoli kembali membuka pendaftaran dan penetapan calon diundur menjadi tanggal 23 September ke depan,” ucapnya. Ketua Bawaslu Kota Gunungsitoli Endra Amri Polem di tempat yang sama juga memberikan apresiasi atas kegiatan yang digelar KPU Kota Gunungsitoli hari ini.

“KPU Kota Gunungsitoli kami akui tetap menjunjung tinggi semangat demokrasi dan menjaga hak-hak setiap masyarakat untuk mencalonkan diri,” ujarnya. Tidak lupa dia mengajak semua elemen untuk ikut mengawasi Pemilukada tanggal 9 Desember 2020 agar Pemilu tahun ini betul betul lebih baik dari pelaksanaan Pemilukada sebelumnya.

  • Laporan Irwanto Hulu