Hasil Final Kedua Piala AFF 2020 Thailand Vs Indonesia 2-2

9
foto-Istimewa

Singapura-Intipnews.com: Laga kedua final Piala AFF 2020 antara Thailand vs Indonesia berakhir dengan skor 2-2.  Sempat unggul pada babak pertama lewat gol Ricky Kambuaya, Timnas Indonesia kebobolan dua gol pada babak kedua dan akhirnya Egy Maulana Vikri menyamakan kedudukan.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, mendapatkan kabar buruk karena tak bisa memainkan Elkan Baggott, Rizky Ridho, Rizky Dwi Febrianto, dan Victor Igbonefo pada laga kedua ini. Mereka dilarang tampil pada laga ini karena dianggap melanggar aturan sistem gelembung dari pemerintah Singapura.

Pemberitahuan larangan itu diterima PSSI pada Jumat lalu. Pelanggaran dilakukan pada 23 Desember 2021 dan PSSI telah membayar denda kepada AFF. Selain itu keempatnya telah bermain pada laga pertama Rabu lalu. Kabar baiknya, bek kiri Pratama Arhan bisa kembali bermain. Pada laga pertama Arhan absen karena akumulasi kartu. Tae-yong pun langsung memasang pemain klub PSIS Semarang itu sejak awal.

Egy Maulana Vikri juga bermain sejak awal. Bersama Ramai Rumakiek, Witan Sulaeman dan Dedik Setiawan, Egy menjadi tumpuan di lini depna. Ini pertama kalinya Egy tampil sejaka wal di Piala AFF 2020. Di Timnas Thailand, pelatih Alexandre Polking melakukan sejumlah rotasi pemain di lini belakang. Elias Dolah yang mengalami cedera pada laga pertama tak diturunkan, begitu juga dengan Manuel Bihr yang sudah absen pada laga pertama.

Chanathip Songkrasin, Supachok Sarachat, dan Teerasil Dangda kembali jadi andalan di lini depan. Ketiganya jadi motor lini depan yang membombardir pertahanan Indonesia pada laga perdana lalu.

Mendapatkan beban harus mencetak empat gol untuk menyamakan kedudukan membuat Timnas Indonesia tampil agresif sejak awal babak pertama. Ricky Kambuaya pun membuat skor menjadi 1-0 setelah tembakan jarak jauhnya gagal ditangkap sempurna oleh penjaga gawang Siwarak Tedsungnoen.

Tendangan Ricky sebenarnya mengarah tepat ke pelukan Tedungnoen, namun dia gagal menangkap bola hingga masuk ke gawangnya sendiri. Tertinggal 0-1, Thailand langsung berbalik menyerang. Teerasil Dangda mendapatkan peluang pertama mencetak gol. Beruntung sepakan Dangda mampu ditepis oleh penjaga gawang Nadeo Argawinata.

Pada menit ke-12, Supachok Saratchan berhasil mendapatkan peluang setelah sepak pojok berubah menjadi kemelut di kotak penalti Indonesia. Beruntung sepakan pemain bernomor punggung 7 itu hanya menerpa mistar gawang. Nadeo kembali melakukan penyelamatan pada menit ke-20. Dia menepis tendangan jarak jauh yang dilepaskan oleh gelandang Thanawat Suengchitthawon.

Permainan cepat yang ditunjukkan Timnas Indonesia membuat Thailand terpaksa lebih banyak bertahan. Pemain depan Bordin Phala yang membantu pertahanan bahkan harus mendapatkan kartu kuning setelah melanggar Ricky Kambuaya di depan kotak penalti pada menit ke-33.

Eksekusi tendangan bebas Alfeandra Dewangga masih membentur pagar betis Thailand sehhingga hanya menjadi sepak pojok. Pada masa tambahan waktu, Teerasil Dangda mendapatkan peluang setelah menerima umpan silang dari Narubadin Weerawatnodom. Tetapi sepakan Dangda masih jauh dari gawang Nadeo. Skor 0-1 menutup babak pertama laga final kedua Piala AFF 2020 antara Thailand vs Indonesia.

Pada babak kedua, pemain Timnas Thailand Weerathep Pomphan yang baru masuk melakukan pelanggaran keras terhadap Witan Sulaeman. Dia harus melakukan sikutan untuk menghentikan pergerakan Witan. Sayangnya pelanggaran keras itu hanya diganjar dengan kkartu kuning.

Thailand akhirnnya mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-54. Adisak Kraisorn menyambar bola muntah sepakan Bordin Phala yang berhasil ditepis oleh Nadeo. Upaya Alfeandra Dewangga menghalau bola dengan sundulan pun tak berhasil. Skuad Garuda harus tertinggal dua menit berselang. Gelandang Sarach Yooyen menjebol gawang Timnas Indonesia setelah menyambar bola yang gagal dibuang sempurna oleh Ramai Rumakiek.

Shin Tae-yong memasukkan Irfan Jaya dan Hanis Saghara pada menit ke-58 untuk menggantikan Ramai Rumakiek dan Dedik Setiawan. Semenit berselang, Irfan dijatuhkan pemain Thailand Kritsada Kaman di kotak penalti saat berebut bola. Wasit tak memberikan hhadiah penalti bagi Timnas Indonesia.

Shin tae-yong pun memasukkan Evan Dimas pada menit ke-74 untuk menggantikan Rachmat Irianto yang tampak tenaganya telah terkuras. Kelelahan yang dialami skuad Garuda membuat mereka tak bermain agresif seperti pada babak pertama.

Meskipun terus tertekan, Timnas Indonesia akhirnya mampu menyamakan kedudukan lewat Eggy Maulana Vikri. Gol itu berawal dari keberhasilan Irfan Jaya merebut bola dari kaki pemain Thailand kemudian memberikan umpan kepada Witan Sulaeman.

Melihat pergerakan Egy yang telah berlari, Witan mengirimkan umpan dengan mencongkel bola melewati pemain belakang Thailand. Egy berhasil masuk ke sisi kanan kotak penalti sebelum melepaskan tembakan yang mengarah ke tiang jauh. Siwarak Tedungnoen tak mampu menggapai bola yang kemudian bersarang ke gawangnya dan skor menjadi imbang 2-2.

Pada akhir pertandingan, Ricky Kambuaya berhasil melewati Weerathep di dalam kotak penalti. Kaki Ricky terlihat sempat menyangkut di kaki pemain bertahan Thailand itu  dan terjatuh. Wasit kembali tak memberikan pelannggaran terhadap Timnas Indonesia.

Skor imbang  2-2 menutup laga final kedua Piala AFF 2020 antara Thailand vs Indonesia.  Hasil itu membuat Timnas Thailand meraih gelar keenamnya dalam turnamen ini sementara Timnas Indonesia menjadi runner-up untuk keenam kalinya.(tc/itp.04)