Ikuti Perkembangan Zaman, Ganjar Pranowo Pemimpin Paling Mengerti Anak Muda

67
Fpto-Ilustrasi-Ist

Oleh : Gilang Ramadhan
Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah digadang-gadang sangat antusias mengikuti perkembangan zaman hingga dijuluki sebagai pemimpin yang paling mengerti anak muda zaman sekarang.

Berbicara mengenai perkembangan zaman, saat ini seluruh dunia sudah banyak menciptakan teknologi yang canggih, bahkan sudah bisa menggantikan peran manusia dalam bekerja di beberapa kategori. Tentunya hal tersebut tidak terlepas dari peran generasi milenial zaman sekarang yang juga turut dalam perkembangan zaman. Seluruh manusia pada akhirnya mau tidak mau haruslah mengikuti perkembangan zaman namun tetap ada filternya, bahkan orang tua sudah mulai mengikuti generasi milenial saat ini, salah satunya pemimpin Provinsi Jawa Tengah, yaitu Ganjar Pranowo yang juga menjadi calon presiden dari Partai PDI Perjuangan.

Dalam berbagai hal, Ganjar Pranowo merupakan salah satu pemimpin yang melek digital sehingga generasi muda banyak yang mengenal dirinya hanya melalui sosial media seperti TikTok, Instagram, Twitter, dan lain sebagainya yang menjadi sarang anak muda zaman sekarang untuk mengekspresikan dirinya. Di berbagai platform tersebut Ganjar juga memiliki banyak pengikut, menyuguhkan informasi-informasi yang berguna, bahkan tak sedikit kontennya bersinggungan langsung dengan generasai muda.

Menjelang pemilihan umum (Pemilu) tahun 2024, Ganjar Pranowo turut berbicara mengenai peran penting yang dipegang oleh kalangan milenial atau Gen Z saat ini. Pembicaraan tersebut dirangkum secara jelas melalui acara yang bertajuk ‘Kajian Opini Politik dengan Ganjar’ secara virtual dari Rumah Aspirasi Relawan, Menteng, Jakarta Pusat pada Kamis, 27 Juli 2023 lalu.

Tahun depan 2024, memang diprediksi pemilih secara garis besar dikuasai oleh anak muda atau generasi milenial saat ini, bahkan Ganjar Pranowo sendiri mengakui partisipasi Gen Z di dalam Pemilu 2024 sangatlah tinggi, akan tetapi mereka anak muda ini memiliki pikiran sendiri, sehingga pendekatan yang dilakukan juga tentunya berbeda dengan sebelum-sebelumnya.

Dekat dengan dunia digital, Ganjar mengetahui beberapa isu-isu yang digandrungi anak muda zaman sekarang. Beberapa isu-isu tersebut diantaranya mengenai isu lingkungan, kesetaraan, kebhinekaan, Hak Asasi Manusia (HAM), bahkan di beberapa hal mendatang persoalan-persoalan yang muncul juga mudah diketahui hingga dianalisis, karena seluruh persoalan tersebut muncul dari dunia digital yang mana, disitulah tempat anak muda ‘nongkrong’.

Dalam kesempatan lain, Ganjar juga turut aktif melibatkan anak muda dalam diskusinya. Pemimpin yang identik dengan rambut putih itu juga menampung berbagai macam aspirasi yang disampaikan oleh generasi milenial, turut membuka wadah sebagai kreativitas anak-anak muda, dan banyak sekali kegiatannya yang bersinggungan langsung dengan Gen Z.

Menurut pengamat politik sekaligus pendiri Negarawan Indonesia, Johan Silalahi mengatakan bahwa mereka seharusnya sudah mulai memprioritaskan mana yang benar-benar dikejar. Artinya bahwa, salah satu strategi yang harus dipikirkan dengan matang-matang yaitu menggaet pemilih yang berasal dari kalangan anak muda atau Gen Z.

Sementara itu, berdasarkan hasil Sensus Penduduk di tahun 2020 yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statostik, jumlah penduduk di Indonesia sebanyak 54 persen didominasi oleh kalangan generasi muda yang terbagi menjadi beberapa kalangan diantaranya, Generasi Milenial 25,87 persen atau sebanyak 69,38 juta jiwa, kemudian Generasi Z sebanyak 27,94 persen atau sekitar 75,49 juta jiwa.

Hal tersebut berkesinambungan dengan hasil perhitungan Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI yang menyebutkan bahwa jumlah daftar pemilih tetap (DPT) di Pemilu 2024 sebagian besar disumbang anak muda, diantaranya kategori Gen Z sebanyak 46.800.161 orang, baby boomer sebanyak 28.127.340 jiwa, dan pre-boomer sebanyak 3.570.850 orang.

Kemudian, dalam hasil survei Lembaga Pemilih Indonesia (LPI), Ganjar Pranowo dikatakan sebagai calon presiden (capres) yang ideal versi kalangan milenial kampus. Penilaian tersebut berdasarjab pada indikator yang diukur dari, rekam jejak, skill, kompetensi, nasionalisme, leadership, hingga keselarasannya dengan Presiden Jokowi. Ganjar memiliki poin lebih unggul dibandingkan calon presiden yang lainnya.

Survei LPI tersebut menghasilkan perolehan yang diungguli oleh calon presiden Ganjar Pranowo di berbagai kategori yakni, dari sisi aspek rekam jejak, Ganjar unggul sebesar 37,44%, di sisi integritas dirinya menang sebanyak 36,27% dan dari semua indikator yang telah disebutkan, GP unggul dengan angka 36,18%.

Moch Nurhasim selaku Direktur Politik dan Hankam Badan Riset dan Inovasi (BRIN) menilai bahwa Ganjar Pranowo memiliki julukan sebagai salah satu tokoh milenial dengan pengalaman politik yang sangat luar biasa, hal inilah yang cenderung dilihat generasi muda sebagai sosok yang inspiratif.

Dengan demikian memang sosok Ganjar yang dekat dengan anak muda benar adanya, hingga dirinya dijuluki sebagai pemimpin yang paling mengerti keinginan anak muda zaman sekarang, banyak program-programnya yang juga melibatkan anak muda, seperti diskusi ataupun melalui suguhan sosial media pribadinya. Kepekaan Ganjar dalam melek perkembangan zaman saat ini merupakan salah satu hal yang memang seharusnya dilakukan, sehingga anak muda saat ini juga mengenal Ganjar Pranowo sebagai sosok pemimpin yang dekat dengan mereka.

penulis adalah kontributor GAGASAN (Gabungan Aksi Ganjar Pranowo Menang)