Indonesia Sukses Gelar KTT ASEAN ke-43, Lahirkan Berbagai Kerja Sama Baru

8

Jakarta-Intipnews.com: Indonesia dinilai sangat mampu untuk memimpin perhelatan KTT ASEAN ke-43 dengan sangat baik. Maka dari itu berbagai kerja sama dipastikan agar bisa bermanfaat bagi dunia.

PM India, Narendra Modi mengucapkan terima kasih kepada Presiden Jokowi karena menilai bahwa dirinya telah mempersiapkan seluruh perhelatan KTT ASEAN dengan sangat baik.

PM Modi juga memuji kepemimpinan Jokowi sebagai Ketua ASEAN tahun 2023 ini.

Selain itu, dirinya mengaku mendukung penuh adanya sentralitas ASEAN termasuk AOIPA.

“India mendukung penuh sentralitas ASEAN dan juga ASEAN Outlook on the Indo-Pacific. ASEAN memiliki tempat istimewa dalam inisiatif India di Indo-Pasifik,” ujar PM Modi.

Sementara itu, Presiden RI Joko Widodo menilai bahwa kerja sama antara ASEAN-India memang telah memberikan banyak sekali manfaat bagi masyarakat.

Meski begitu, kerja sama tersebut harus terus dioptimalkan lagi, utamanya mengenai kawasan Samudera Hindia yang sangat rawan.

“Kolaborasi (ASEAN-India) ini masih perlu terus kita optimalkan apalagi melihat potensi besar Samudra Hindia yang menghubungkan 33 negara dengan 2,9 miliar jiwa dan seperlima GDP dunia di 2025,” kata Jokowi, Kamis (7/9).

Lebih lanjut, Kepala negara menekankan akan kejahatan maritim yang memang harus bisa ditanggulangi dengan segera.

“Selain itu kejahatan maritim juga harus kita tanggulangi seperti perompakan, penyelundupan manusia, narkotika, dan juga ilegal unregulated unreported fishing,” jelasnya.

Karena menurutnya lautan merupakan wilayah yang memang harus terus dijaga stabilitasnya.

“Kita harus mampu menjadikan lautan a sea of cooperation bukan a sea of confrontation yang harus terus dijaga stabilitasnya,” kata Presiden RI.

“Harus terus dijaga kedamaiannya dengan menghormati hukum internasional mendorong habit of cooperation dan membangun arsitektur kawasan yang inklusif,” tutur Jokowi.

Kemudian, dalam penutupan KTT ASEAN ke-43, Kepala Negara juga mengaku bahwa kepemimpinan Indonesia merupakan suatu kehormatan yang sangat besar.

“Merupakan suatu kehormatan bagi Indonesia untuk memimpin KTT ASEAN ke-43 ini. Presidensi kami dimulai dengan harapan untuk menyatukan niat bersama dalam mewujudkan pemulihan dunia yang inklusif,” ujar Presiden.

Dengan adanya perhelatan tersebut juga telah banyak dijalin berbagai macam kesepakatan, yang mana membuat Presiden Jokowi terus memberikan apresiasi paling tinggi kepada semua pihak.

“Alhamdulillah hari ini kita dapat mengadopsi dan mengesahkan berbagai hal. Saya menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada semua yang hadir yang telah memberikan fleksibilitasnya sehingga deklarasi dapat disepakati dan disahkan,” ucapnya.

Selanjutnya, Presiden menegaskan bahwa seluruh kesepakatan atau kerja sama yang terjalin dalam KTT ASEAN memang harus mampu dipastikan akan kebermanfaatannya.

“Memastikan KTT ASEAN ke-43 bermanfaat tidak saja untuk anggotanya, namun juga bagi dunia, mari bersama ciptakan Epicentrum of Growth,” ucapnya.Itp.r