Ini Predeksi Pemain Naturalisasi Terhadap Sepakbola Indonesia

29
Ini Predeksi Pemain Naturalisasi Terhadap Sepakbola Indonesia
Tim Nasional (Timnas) Indonesia. (Foto: Dok-PSSI)

PEMAIN naturalisasi yang kini membela Arema FC, Diego Michiels menyebut, dalam 40 tahun ke depan Tim Nasional (Timnas) Indonesia takkan lolos ke Piala Dunia. Hal itu terjadi jika infrastruktur dan sistem pembinaan yang dilakukan Induk Organisasi Sepakbola Indonesia, PSSI, masih seperti sekarang.

Prestasi Timnas Indonesia memang menjadi sorotan. Jangkan bersaing memperebutkan tiket lolos ke Piala Dunia, untuk beradu kekuatan dengan negara Asia Tenggara saja skuad Garuda kesulitan.

Seperti  dilansir di kumparan.com, pemain naturalisasi itu memberikan salah satu contohnya terbukti di babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. Saat itu dari lima kontestan Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, empat di antaranya dari Asia Tenggara yakni Indonesia, Malaysia, Thailand dan Vietnam.

Hasilnya, Timnas Indonesia hanya imbang sekali dan tumbang lima kali dari enam pertandingan kontra tim-tim Asia Tenggara.

Satu-satunya hasil imbang didapat saat skuad Garuda menahan Thailand 2-2. Kehadiran Shin Tae-yong memang menumbuhkan optimisme di kalangan pencinta sepakbola Tanah Air. Namun, pelatih asal Korea Selatan itu tak bisa menyulap Timnas Indonesia begitu saja.

Ia membutuhkan bantuan dari federasi, seperti kompetisi yang kompetitif dan turunannya. Selain itu, infrastruktur dan pembinaan pemain muda yang kompeten, dinilai Diego Michiels menjadi penyebab kenapa sepakbola Indonesia tak kunjung maju.