IWO Medan Dukung Syaifullah Defaza Jadi Ketua Unit Wartawan Pemko Medan

39
IWO Medan Dukung Syaifullah Defaza Jadi Ketua Unit Wartawan Pemko Medan
Walikota Medan Bobby Nasution bersama kandidat Ketua Koordinator unit Pemko Medan Syaifullah. (Foto: Ist)

MedanIntipnews.com: Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Medan Erie Prasetyo mendukung Sekretaris IWO Medan,Syaifullah Defaza ikut di pemelihan Ketua Unit Wartawan Pemerintah Kota (Pemko) Medan yang akan di adakan  pada tanggal 20 Desember 2021 di Gedung PKK Medan .

Hak itu dikatakan Erie usai diskusi internal IWO Medan Rabu (15/12/2021) (foto). Dengan ikut sertanya perwakilan IWO Medan dalam guyub wartawan di Kantor Wali Kota Medan itu, diharapkan menambah kaya sistem organisasi wartawan di berbagai lingkup.

Lagi pun, sistem pemilihan ketua yang sangat demokratis di lingkungan Pemko Medan diharap bisa menambah pengalaman wartawan dalam hal demokrasi.

“Kita tahu masa periodisasi ketua unit wartawan Pemko Medan telah usai. Kami rekom sekretaris kami untuk ikuti pemilihan di sana karena memang saudara Syaifullah Defaza ini sudah cukup pengalaman liputan di Pemko Medan pada 2009-2010 silam,” kata Erie.

Meski tak setiap tahun bertugas di Pemko Medan, karena rolling pos yang dilakukan di medianya tempat bekerja dahulu, kini lewat media medankinian.com, Syaifullah Defaza kembali bertugas di Pemko Medan sejak 2020 lalu.

“Niatan kita murni untuk memberi edukasi dan kepahaman kepada kawan-kawan jurnalis, bahwa sistem demokrasi harus hidup di berbagai lapisan. Termasuk di dunia jurnalistik. Saya imbau juga kepada anggota IWO Medan yang bertugas di Pemko Medan agar mendukung dan membantu saudara Syaifullah Defaza,” lanjut Erie yang bekerja untuk Okezone.com tersebut.

Sekadar informasi, Syaifullah Defaza memulai karir jurnalistiknya pada 2005 silam lewat harian Mimbar Umum. Sembari menjadi mahasiswa di Universitas Negeri Medan (Unimed) beliau melaksanakan tugas jurnalistik dipandu jurnalis senior seperti almarhum Pak Sabirin Thamrin, almarhum Pak Djanib M Sijan dan Suyadi San yang saat itu tokoh di Mimbar Umum.

Sempat juga jadi jurnalis lepas di RRI untuk program akhir pekan di tahun 2006. Tak lama berkecimpung di dunia radio, Syaifullah Defaza kemudian bergabung dengan Harian Sumut Pos pada 2007.

Nah saat di Sumut Pos itulah Syaifullah Defaza bertugas di Pemko Medan pada 2009-2010. Delapan tahun di koran grup Jawa Pos tersebut hingga menjabat Asisten Redaktur Pelaksana, kemudian Syaifullah Defaza menjajaki dunia online pada 2015.

Pojoksatu.id menjadi media online nasional pertama yang jadi haluan berikutnya. Media yang berbasis di Graha Pena Bogor itu lantas membuat grup di Medan dengan nama pojoksumut.com yang kemudian dibidani olehnya selama tiga tahun sejak 2016 hingga 2018.

Kemudian sejak 2019 hingga saat ini membangun media online sendiri di bidang umum dengan Medankinian.com dan di bidang khusus otomotif dengan media otonesia.id.

Sejak 2018 pula, alumni MAN 1 Medan itu didaulat menjadi sekretaris Ikatan Wartawan Online (IWO) Kota Medan.

“Saya mohon dukungan kepada abang kakak, rekan sebaya semua. Kolaborasi akan jadi kunci kekuatan kita,” kata Syaifullah Defaza yang juga wakil bendahara Bidang Media KNPI Sumut itu. * ril