Jaya Arjuna MSc: Pemko Medan Tidak Serius Menangani Banjir di Kota Medan

26
Jaya Arjuna MSc: Pemko Medan Tidak Serius Menangani Banjir di Kota Medan
Pakar Lingkungan USU Ir Jaya Arjuna MSc. (Foto: Ist)

MedanIntipnews: Pakar Lingkungan dari Universitas Sumatera Utara (USU), Jaya Arjuna MSc menilai Pemerintah Kota Medan tidak serius dalam penanggulangan banjir di Kota Medan. Pasalnya hingga saat ini Pemko Medan belum dapat menyelesaikan persoalan banjir yang melanda Kota Medan setiap turun hujan. 

Mirisnya setiap turun hujan Kota Medan mengalami banjir, untuk itu dalam penanganan banjir Pemko Medan perlu membuat kebijakan-kebijakan dalam mengatasi banjir Kota Medan, kata Jaya Arjuna MSc, Selasa 2 November 2021 melalui WhatsApp.

Soalnya, program penanganan banjir Kota Medan masuk dalam program kerja prioritas Bobby Nasution untuk jadi Walikota Medan. Namun hingga saat ini sudah memasuki 1 tahun menjalani sebagai Walikota, Pemko Medan belum mampu melakukan penanganan banjir.

Padahal sebut Jaya, Pemko Medan sudah melakukan kolaborasi dengan Pemkab Deliserdang untuk menormalisasikan Sungai Bedera, tapi tidak dapat menyelesaikan banjir, akibat turun hujan debit air hujan tidak tertampung di saluran drainase yang jelek. Dan penanganan Sei Bedera hanya mencakup sebagian kecil wilayah Medan yang terpapar banjir.

“Cara-cara Pemko Medan mengatasi banjir sangat tidak tepat dan akal-akalan. Bagi Medan, banjir bukan masalah hidrologis karena Belanda dalam membangun Kota Medan sudah melakukan rancangan untuk penanggulangan banjir,” tegasnya.