Jaya Arjuna Sambut Baik Kolaborasi Pemko Medan dan Pemkab Deliserdang Menaturalisasi Sungai Bedera

12
Jaya Arjuna Sambut Baik Kolaborasi Pemko Medan dan Pemkab Deliserdang Menaturalisasi Sungai Bedera
Pengamat Lingkungan, Jaya Arjuna (kiri) dan banjir Kota Medan akibat meluapnya Sungai Bedera. (Foto: Ist)

MedanIntipnews: Jaya Arjuna, pengamat lingkungan menyambut baik langkah yang diambil Pemerintah Kota (Pemko) Medan dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Deliserdang untuk membangun kolaborasi menaturalisasi Sungai Bedera yang melintas di wilayah Deliserdang dan Kota Medan.

Jaya Arjuna menganggap kolaborasi ini baik, karena untuk penanggulangan banjir di Kota Medan memang harus diselesaikan secara bersama antara Pemko Medan dan Pemkab Deliserdang. 

Meskipun Pemko Medan sudah melakukan normalisasi aliran Sungai Deli, namun belum membuahkan hasil yang baik dalam hal penanggulangan banjir. 

Menurut Jaya Arjuna kepada Intipnews, Rabu 20 Oktober 2021 melalui WhatsApp (WA), sebagian wilayah alur sungai yang mengalir ke Medan itu juga mengalir ke Deliserdang, contohnya sekitar daerah Jalan Pancing, itu sebagian daerahnya merupakan wilayah Deliserdang.

“Jadi benar sekali kalau itu mereka berkolaborasi, karena di muara Sungai Deli itu (Kuala Deli) sebelah kanannya adalah Deliserdang dan kirinya adalah daerah Medan,” ungkapnya. 

Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera Utara harus serius menangani persolan ini secara tuntas. Wilayah-wilayah sungai badan airnya merupakan tanggung jawab dan kewajiban dari BWS Sumut, sedangkan daratannya itu adalah wilayah Pemko Medan dan Pemkab Deliserdang.