Jepang Kalahkan Spanyol, Jerman Tersingkir Walau Menang Lawan Kosta Rika

8
Teks foto : Jepang rayakan kemenangan dan lolos ke 16 besar.( afp/ist)

Medan-Intipnews.com: Jepang kembali buat sejarah dengan mengalahkanj Spanyol 2-1 sekaligus membuat tim panzer Jerman tersingkir.  Timnas Jerman dipastikan tersingkir dari Piala Dunia 2022 Qatar meski menang 4-2 pada laga terakhir Grup E kontra Kosta Rika. Laga Kosta Rika vs Jerman dalam matchday terakhir fase grup Piala Dunia 2022 Qatar berlangsung di Stadion Al Bayt, Al Khor, pada Jumat (2/12/2022) dini hari WIB.

Jerman yang membutuhkan kemenangan tampil dominan sepanjang laga tersebut. Mereka pun mampu membuka keunggulan lebih dulu melalui gol Serge Gnabry pada menit ke-10. Namun, setelah memasuki babak kedua, Kosta Rika merespons dengan mencetak dua gol balasan. Gol pertama untuk Kosta Rika dicetak oleh Yeltsin Tejeda pada menit ke-58. Lalu, gol kedua lahir berkat aksi Juan Pablo Vargas pada menit ke-70

 Sane-Musiala Beraksi Sepasang gol dari Kosta Rika semakin menyulitkan Jerman yang butuh tambahan tiga poin untuk menjaga asa lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar. Setelah kecolongan dua gol, Jerman terus melancarkan serangan untuk kembali merebut keunggulan atas Kosta Rika. Pada menit ke-73, Jerman berhasil menyamakan kedudukan lewat gol pemain pengganti Kai Havertz. Gol dari Kai Havertz membuka peluang kebangkitan Jerman.

Namun, itu belum cukup untuk menjaga asa lolos ke 16 besar. Sadar akan hal itu, Jerman terus menggempur pertahanan Kosta Rika.  Jerman mampu memperoleh satu gol lagi berkat aksi Kai Havertz pada menit ke-85. Tak lama setelah itu, Jerman mencetak gol keempat melalui penyelesaian akhir Niclas Fuellkrug pada menit ke-89. Berkat gol itu, Jerman sukses mememangi laga dengan skor 4-2.

Meski meraih kemenangan, Jerman tetap tersingkir dari Piala Dunia 2022 Qatar. Hal ini tak lepas dari hasil laga lain di Grup E, yakni Jepang vs Spanyol, yang digelar secara bersamaan  dini hari . Jepang secara dramatis mampu memetik kemenangan atas Spanyol. Tim Samurai Biru, julukan timnas Jepang, menang 2-1 setelah sempat tertinggal 0-1 pada babak pertama. Sepasang gol kemenangan Jepang dicetak oleh Ritsu Doan (48′) dan Ao Tanaka (51′). Sementara itu, satu gol untuk Spanyol dibukukan oleh Alvaro Morata (11′). Hasil itu, membuat Jepang finis di peringkat pertama klasemen Grup E Piala Dunia 2022 Qatar. 

Jepang menempati peringkat pertama berkat torehan enam poin dari tiga pertandingan.    Mereka unggul dua angka atas Spanyol yang finis di peringkat kedua dengan koleksi empat poin. Spanyol menduduki peringkat kedua berkat keunggulan selisih gol atas Jerman yang juga sama-sama mengantongi empat poin dari tiga laga. Adapun posisi dasar klasemen ditempati oleh Kosta Rika yang mengantongi tiga poin.

 Pertandingan Kroasia vs Belgia, yang berakhir imbang 0-0, diselenggarakan di Stadion Ahmad bin Ali pada Kamis (1/12/2022) malam WIB. Mengantarkan Kroasia menuju babak 16 besar Piala Dunia 2022 dengan status sebagai runner-up. Kroasia bakal mendampingi Maroko selaku pemuncak klasemen Grup F Piala Dunia 2022   Kevin de Bruyne cs Tersingkir! Di lain sisi, Belgia harus menerima kenyataan jika mereka tersingkir dari Piala Dunia 2022 setelah duduk di peringkat ketiga klasemen Grup F via catatan tiga angka. Terlepas dari hasil pertandingan, ada sejumlah momen dan fakta menarik dalam duel yang mempertemukan Kroasia vs Belgia. VAR halangi Luka Modric tendang penalti  melawan Belgia.

 Saat itu, wasit yang mengawal jalannya pertandingan, Anthony Taylor, sempat memberikan penalti kepada Kroasia. Anthony Taylor memberikan hadiah penalti kepada Kroasia karena melihat Yannick Carrasco melanggar Andrej Kramaric di kotak terlarang pada menit ke-15.  Luka Modric langsung bersiap untuk mengeksekusi penalti. Ia sudah berdiri di titik putih. Namun, Anthony Taylor tiba-tiba mengubah keputusannya. Ia lantas bergerak untuk mengecek melalui tayangan VAR sebelum terjadinya pelanggaran.

Selepas melihat tayangan VAR, Anthony Taylor memutuskan untuk tidak memberikan penalti kepada Kroasia. Sebab, Dejan Lovren dianggap sudah dalam posisi offside    Masuknya Romelu Lukaku diharapkan mampu memecah kebuntuan Belgia saat menghadapi Kroasia. Namun, pemain Inter Milan itu tak klinis di depan gawang. Padahal, dia secara keseluruhan mempunyai lima peluang yang bisa dimanfaatkan menjadi gol.

 Secara keseluruhan, Belgia meraih masing-masing satu hasil imbang, menang, dan kekalahan. Hasil itu pun membuat Setan Merah tersingkir.   Belgia gugur dari Piala Dunia 2022 setelah bertengger di peringkat ketiga Grup F dengan torehan empat poin. Kevin de Bruyne dkk kalah saing dengan Maroko dan Kroasia yang secara berurutan menempati urutan pertama dan kedua. Adapun ini menjadi kali pertama Belgia gagal melaju ke fase gugur dalam tiga keikutsertaan terakhirnya di Piala Dunia sejak 1998. Kegagalan Belgia ke fase gugur Piala Dunia 2022 membuat sang pelatih, Roberto Martinez memutuskan mundur. ( kc/itp.04)