Kadis Kominfo Toba Telat Pembayaran Gaji ASN Belum di Kukuhkannya SOTK

80
Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Toba Drs Lalo Hartono Simanjuntak Msi

Toba-Intipnews.com: Ketelambatan pembayaran gaji para ASN di Kabupaten Toba dikarenakan belum dikukuhkannya Satuan Organisasi Tata Kerja (SOTK). Demikian dikatakan Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Toba Drs Lalo Hartono Simanjuntak Msi (foto), kepada wartawan media online Intipnews.com melalui telpon seluler, jadi malam (11/1/22).

“SOTK tersebut seperti Dinas Tenaga Kerja yang bergabung dengan Dinas Perizinan, Dinas Pendapatan bergabung dengan Dinas Keuangan,dll sehingga menyebabkan pemberian gaji telat,”katanya.

Selanjutnya,menunggu pengukuhan pejabat eselon II yang segera akan dikukuhkan atau dilantik,sehingga pembayaran gaji yang akan ditandatangani para pejabat terlantik nantinya. 

Lebih lanjut,Lalo menyebutkan,tidak hanya daerah Toba yang mengalami hal seperti ini,beberapa daerah juga telat gajian.  Soal anggaran untuk gaji para ASN , tidak masalah, hanya menunggu pengesahan tadi (SOTK dan Pelantikan pejabat,imbuhnya

Namun, pada kesempatan lain pernyataan Kadis Kominfo tersebut justru disoal Mantan Anggota DPRD Tobasa Sabar Silalahi SH. Melalui televon selulernya,tadi pagi,Rabu (12/1),,Sabar Silalahi,justru  menanggapi lain,apa yang dikatakan Kadis Kominfo, tidak berhubungan erat dengan persoalan pengukuhan SOTK itu.

Kata Sabar, persoalan gaji,sudah ditetapkan dalam anggaran DAU dalam belanja gaji. Gaji sudah otomatis setiap bulannya harus diselesaikan pada awal bulan,biasanya tanggap 1 dan 2. Soal gaji ini kata Sabar, sangat sangat riskan karena menyangkut hidup keluarga. 

Sabar justru mempertanyakan lagi, anggaran yang terpakai setelah Nataru, seperti anggaran syukuran tahun baru tanggal 7 open house, darimana dananya, apa didahulukan atau bagaimana.Belum lagi, dana yang dipake sampai saat ini sudah seminggu lebih para ASN masuk kerja, apa memang didahulukan.

Seharusnya Bupati Toba dan Sekda sebagai Kepala Pengguna Anggaran komunikasi dengan para ASN bawahannya,harus bijaklah mereka menyikapi hal ini, supaya persoalan  secepatnya diselesaikan,kata Sabar.

Sehingga mereka tidak bertanya-tanya dalam diri keluarganya,apa sebenarnya yang terjadi,kata Mantan Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Tobasa ini.

Laporan : Manuala Tampubolon