Kasus Covid-19 Per Hari Ini  Bertambah  12, Menjadi  59

50

Toba-Intipnews.com : Jurubicara Satgas Covid -19, Drs Lalo Hartono Simanjuntak Msi, mengatakan, di Kabupaten Toba dalam satu minggu terakhir ini yang terkonfirmasi positif Covid-19 meningkat dengan sangat tajam.

Dari tanggal 17 Januari 2022 ada satu orang, terus meningkat hingga 8 Februari 2022 telah berjumlah 31 orang. Sampai hari ini juga, Kamis (10/2), bertambah lagi 12 kasus menjadi 59 orang.

Demikian disampaikan Jubir Satgas Covid19 Drs Lalo Hartono Simanjuntak MSi melalui data update per hari ini,Kamis (10/2),dalam dissemination persnya.

Kenaikan ini menurut Lalo, telah diprediksi oleh pemerintah sebelumnya,  bahwa di bulan Februari 2022 akan terjadi lonjakan penyebaran Covid-19 di seluruh dunia bahkan di Indonesia ternyata benar-benar terjadi.

Disebutkan, dari data yang ada bahwa sebagian para penderita covid-19 ini,kini menjalani isolasi mandiri dan isolasi terpusat.

Ke 59 warga terkorfirmasi positif covid-19 itu, terdapat di Kecamatan Balige (25 kasus), Laguboti (10), Ajibata (4),Lumban Julu (1), Pintu Pohan Meranti (14), Sigumpar (4) dan Kecamatan Siantar Narumonda (1 kasus).

Masih kata Lalo, Pemkab Toba saat ini, sudah memberikan edaran kepada semua Desa dan kelurahan agar mengaktifkan kembali pos-pos yang ada di desa dan kelurahan agar mewaspadai pertambahan kasus covid.

Selain itu,melarang pesta-pesta adat dan gereja yang melebihi kapasitas diatas 50 persen.Artinya, kalau pun ada berpesta, cukup dengan tamu atau undangan sekitar 50 orang, tidak boleh lebih,begitu juga jam berpesta sudah dibatasi,katanya

Pemkab tetap berharap, masyarakat juga tetap menyadari hal ini,sehingga menggiatkan semua masyarakat untuk segera vaksin yang saat ini sedang giat dilaksanakan di tempat-tempat atau Puskesmas yang ada. 

“Jangan lengah, walaupun kita sudah divaksin, supaya tetap waspada, semua Satgas harus lebih aktif dan turun ke tengah masyarakat mengimbau untuk patuhi prokes terutama di tempat tempat keramaian, tempat ibadah, pasar, terlebih dalam acara pesta, utamakan kesehatan, waspada dan tetap disiplin,”sebutnya.

Laporan : Manuala Tampubolon