Kasus Covid19 di Kabupaten Toba Bertambah Setiap Harinya

13
foto :istimewa

Toba-Intipnews.com : Plt Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Toba Sesmon Butar-Butar Spd menngungkapkan, di Kabupaten Toba dalam dua minggu terakhir ini yang terkonfirmasi positif Covid-19 meningkat dengan sangat tajam dan setiap harinya bertambah.

Menurut update data Satgas Covid19 Toba, dari tanggal 17 Januari 2022 ada 1 (satu) orang, terus meningkat hingga 8 Februari 2022 telah berjumlah 31 orang. Sampai hari Kamis (10/2), bertambah lagi 12 kasus menjadi 59 orang. Dan saat ini Selasa (15/2) masih bertambah 20  menjadi 104 orang (Foto).

Demikian disampaikan Plt Kadis Kominfo Sesmon Butar-butar melalui data update per hari ini, Selasa (15/2),dalam dissemination persnya.

Disebutkan, dari data yang ada bahwa sebagian para penderita covid-19 ini,kini menjalani isolasi mandiri dan isolasi terpusat.

Ke 104 warga terkorfirmasi positif covid-19 itu, terdapat di Kecamatan Balige (50) kasus, Laguboti (4), Ajibata (3),Lumban Julu (8), Pintu Pohan Meranti (10), Parmaksian (7), Porsea (8) Sigumpar (4),Nassau (1), Habinsaran (1) dan Kecamatan Siantar Narumonda (8) kasus).

Masih kata Sesmon, Pemkab Toba sudah memberikan edaran kepada semua Desa dan kelurahan agar mengaktifkan kembali pos-pos yang ada di desa dan kelurahan agar mewaspadai pertambahan kasus covid.

Melarang pesta-pesta adat dan pelaksanaan ibadah gereja yang melebihi kapasitas diatas 50 persen.Artinya, kalau pun ada berpesta, cukup dengan tamu atau undangan sekitar 50 orang, tidak boleh lebih,begitu juga jam berpesta atau kegiatan lainnya pelaksanaannya sampai Pukul 16.00 Wib. 

Selain itu, membatasi jumlah pengunjung di restoran atau Rumah Makan sampai 50 % dari ketersediaan tempat dan dibatasi sampai pukul 21.00 Wib. Juga kalau di gereja, tidak usah ada pelaksanaan koor dan menjaga kerumunan sebelum pelaksanaan ibadah,kata Sesmon.

Laporan : Manuala Tampubolon