Kaya Akan Program dan Inovasi, Bobby Nasution Harap Medan Tuntungan Pemenang Kecamatan Terbaik Tingkat Sumut 2022

57
foto :istimewa
Foto: Wali Kota Medan Bobby Nasution ketika menerima kunjungan Tim Penilaian Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumut Tahun 2022 di Jambur Tamsaka Jalan Jamin Ginting Medan.Itp/Ist

Medan-Intipnews.com: Wali Kota Medan Bobby Nasution berharap Kecamatan Medan Tuntungan keluar sebagai pemenang Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumut tahun 2022. Selain selama ini menjadi kecamatan percontohan sektor kesehatan yang merupakan salah  satu program prioritas Pemko Medan, kecamatan yang memiliki luas sekitar 20,68 Km2 ini memiliki berbagai inovasi dalam meminimalisir penyebaran Covid-19,  khususnya di wilayah Kecamatan Medan Tuntungan.

Harapan ini disampaikan Wali Kota Medan Bobby Nasution ketika menerima kunjungan Tim Penilaian Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumut Tahun 2022 di Jambur Tamsaka Jalan Jamin Ginting Medan, Rabu (5/10/2022). “Semoga Kecamatan Medan Tuntungan keluar sebagai juara pertama Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumatera Utara,” kata Bobby Nasution mengawali sambutannya.

Meski hanya Kecamatan Tuntungan saja yang masuk nominasi Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumut 2022, kata Bobby Nasution, tapi sesuai dengan tagline Pemko Medan saat ini yakni kolaborasi, maka seluruh jajaran Pemko Medan hadir di sini mulai dari Wali Kota, Wakil Wali Kota serta  para pimpinan OPD.

“Kehadiran kami guna menginformasikan bahwa di seluruh kecamatan yang ada di Kota Medan telah memberikan berbagai pelayanan untuk masyarakat. Bahkan, OPD di lingkungan Pemko Medan juga turun hingga ke kecamatan untuk ikut memberikan pelayanan,” ungkapnya.

Menantu Presiden Joko Widodo ini selanjutnya menjelaskan, Kecamatan Medan Tuntungan ini memiliki terobosan sesuai dengan lima program prioritas yang telah dicanangkan, salah satunya sektor kesehatan. Selama masa pandemi Covid-19, ungkapnya, Kecamatan Medan Tuntungan beberapa kali menjadi wilayah percontohan yang banyak dilakukan kunjungan dan monitoring baik dari Pemerintah Pusat, Kementerian, TNI Polri dan lain sebagainya.

“Kenapa bisa dijadikan wilayah percontohan? Karena jajaran Kecamatan Medan Tuntungan bisa mengajak seluruh masyarakatnya untuk bersama-sama melakukan monitoring pada masyarakat yang melakukan isolasi mandiri. Selain itu juga melakukan monitoring secara digital melalui CCTV dan berkomunikasi melalui HT. Sumbangsih masyarakatnya sangat besar dalam membantu pemerintah mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah ini,” jelasnya.

Selain itu, ungkap Bobby Nasution, Kecamatan Medan Tuntungan juga telah diresmikan sebagai kecamatan yang memiliki sentra usaha sejalan dengan program Pemko Medan yakni Sakasanwira (Satu Kelurahan Satu Sentra Kewirausahaan). Artinya, Kecamatan Medan Tuntungan merupakan kecamatan pertama yang memiliki sentra usaha.

“Mudah-mudahan melalui kegiatan itu dapat membantu ekonomi masyarakatnya. Sebenarnya, masih banyak program atau inovasi yang dimiliki Kecamatan Medan Tuntungan ini. Semoga Kecamatan Medan Tuntungan bisa menjadi juara serta motivasi bagi kami dan 20 kecamatan lainnya agar dapat menjadi kecamatan terbaik di tingkat Provinsi Sumut,” harapnya.

Sebelumnya, Kepala Biro Pemerintahan dan Otonomi Daerah (Biro Otda) Sumut Ir Zubaidi MSi selaku Ketua Tim Penilai Kecamatan Terbaik Tingkat Provinsi Sumut Tahun 2022 menyampaikan, penilaian ini bertujuan untuk mendorong kinerja camat dan perangkatnya dengan cara berkompetisi antar camat dan aparatur.

Di samping itu, imbuh Zubaidi, pembinaan kader pimpinan pemerintah untuk masa depan dalam memberhasilkan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan kemasyarakatan serta pemberdayaan masyarakat untuk semakin bersemangat dalam menciptakan inovasi guna mendukung kinerja pemerintah kecamatan dalam menyesuaikan pembangunan di daerah.

“Penilaian ini dilakukan sebagai alat evaluasi pemerintah pada kecamatan. Dimana ada sebanyak 31 kriteria yang dinilai. Mudah-mudahan Kecamatan Medan Tuntungan bisa memenuhi 31 kriteria tersebut sehingga membuka peluang untuk menjadi yang terbaik,” jelas Zubaidi.Itp05