Kelompok Pemuda Desa Siparau Cinta Budaya Gelar Workhsop Pemajuan Kebudayaan Desa Tahun 2022

27
Foto-Ist

Palas-Intipnews.com : Kelompok Pemuda Desa Siparau Cinta Budaya mengelar kegiatan Workshop Pemajuan Kebudaya Desa  Tahun 2022 di Desa Siparau Kecamatan Barumun Tengah, Kabupaten Padang Lawas Sumatera Utara, Jumat 25 November 2022.

 Acara kegiatan Workhsop Budaya tersebut dilaksanakan di SD Negeri Sihaborgoan yang dihadiri oleh unsur Pemerintah Desa Siparau, unsur Badan Permusyawaratan Desa, Tokoh Masyarakat, Kepala Sekolah SD N Sihaborgoan, Pendamping Kebudayaan Desa, peserta dan panitia pelaksana.

Julpan Daulay yang merupakan Ketua Panitia Pelaksana Workhsop Budaya melaporkan bahwa kegiatan Workshop Budaya ini merupakan kegiatan yang disupport penuh dari Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan (PPK), Dirjen Kebudayaan, Kemendikbud Ristek RI,dan Husnul Yaqin Harahap sebagai Pendamping Kebudayaan Desa.

“Workhsop Budaya ini dilaksanakan satu harian penuh yang diikuti oleh 20 orang peserta dan 12 orang panitia yang semuanya merupakan perwakilan dari pemuda pemudi di Desa Siparau,”sebutnya.

Adapun rangkaian kegiatan tersebut menurut Julpan akan diisi dengan materi Festival yang mencakup pengelolaan festival budaya secara luas, Pelatihan Makkobar/Marhata-hata, ditutup dengan diskusi Kelompok Termbimbing.

Selanjutnya, Husnul Yaqin Harahap yang merupakan Pendamping Kebudayaan Desa di Desa Siparau mengatakan   Workhsop Budaya ini  dilaksanakan tahun 2022 di Desa Siparau merupakan kegiatan tahun kedua setelah kegiatan yang pertama pada tahun 2021 telah diadakan Training Budaya.

“Kita disupport penuh oleh Kemendikbud Ristek RI melalui Direktorat PPK dan di lapangan kita dibantu penuh dalam mensukseskan rangkaian kegiatan ini terutama oleh adik-adik dari Kelompok Pemuda Desa Siparau Cinta Budaya,” terang Husnul.

Sambung Husnul, Workshop Budaya tahun 2022 ini kita jadikan sebagai  sarana atau ajang belajar tentang bagaimana pengelolaan dan penyelenggaraan sebuah Festival, khususnya pesta rakyat dalam memanfaatkan keberadaan Cagar Budaya Candi Sipamutung yang ada di Desa Siparau.

“Kami rencanakan tahun 2023 nanti akan diadakan sebuah Festival Budaya dengan tujuan Desa Siparau agar lebih dikenal secara regional dan di tingkat nasional serta tentunya akan berimbas dalam  meningkatkan nilai ekonomi dan nilai sosial dari Desa Siparau yang nantinya kita harapkan juga akan berdampak besar kepada Kesejahteraan masyarakat Desa,”sebutnya.

Kemudian Husnul jugu mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Pemerintah Pusat dalam hal ini melalui Direktorat PPK atas kepercayaan yang diberikan kepada kami dalam mendukung penuh kegiatan yang sudah dua tahun ini berjalan, dan kami juga ucapkan terimakasih kepada Pemerintah Desa dan masyarakat Desa, khsusunya rekan-rekan Kelompok Pemuda Desa Siparau Cinta Budaya yang telah mambantu kami selama melakukan pendampingan di Desa.

“ Kami berharap dalam kegiatan ini akan semakin mematangkan masyarakat desa khususnya kelompok pemuda agar lebih siap dan cinta serta mampu memanfaatkan potensi yang ada dan nyata terumata Cagar Budaya Candi Sipamutung agar lebih dikenal secara luas sehingga nantinya Kebudayaan akan berdampak besar terhadap masyarakat desa, tutup Husnul. (Sahat Gemayel Lubis)