Kementan RI Ajak Petani Kopi Toba Secara Bertahap Menuju Pertanian Organik

140
Kementan RI Ajak Petani Kopi Toba Secara Bertahap Menuju Pertanian Organik
Direktur Perlindungan Perkebunan Kementan RI, Ir Baginda Siagian Msi foto bersama Bupati Toba Ir Poltak Sitorus Msc,Kadis Pertanian Ir TH Sitorus dan lainnya, seusai sosialisi PHT di Gurgur Aek Raja,Tampahan,Selasa (23/8/2022). Itp/Ist

Toba-Intipnews.com : Direktur Perlindungan Perkebunan Kementerian Pertanian RI,Ir Baginda Siagian MSi mengajak petani khususnya petani kopi agar memulai bertani secara organik, untuk pemupukan dan penggunaan pestisida.

Jangan bergantung lagi dengan pupuk kimia yang saat ini mahal .Sebab bahan pokok pembuatan pupuk ini berasal dari luar negeri.

Hal ini diungkapkan Baginda Siagian saat kunjungan kerja sosialisasi Penerapan Pengendalian hama terpadu (PHT) Tanaman Kopi di Desa Gurgur Aek Raja, Kecamatan Tampahan, Kabupaten Toba, Provinsi Sumatera Utara , Selasa (23/8/2022).

Kata Baginda, petani kopi menuju pertanian organik ini ,jangan terburu-buru, mari memulai dulu secara bertahap baik pemupukan hingga pengendalian hamanya.

“Apa yang ada di lingkungan sekitar,itulah dijadikan pupuk.Tapi kita berproseslah hingga tidak memakai pupuk kimia lagi,” tandas Baginda putera Toba asal Batu Moror Silaen ini.

Sebelumnya Bupati Toba Ir Poltak Sitorus Msc, menyampaikan dalam sambutannya, bahwa ilmu pertanian tidak akan pernah cukup,khususnya membuat kompos ini mesti lebih hati-hati dan teliti sehingga berhasil dengan baik.

Sebagai rangkaian acara ,turut diserahkan bantuan peralatan/ bahan pembuatan pupuk dan pestisida secara organik kepada 4 kelompok tani di Desa Aek Raja ini.

Turut hadir Kepala Balai Besar Perbenihan Proteksi Tanaman Perkebunan Medan, Agus Hartono SP MSc, yang menyampaikan bahwa praktek pembuatan pupuk kali ini tetap akan dipantau dan diberi pengarahan oleh penyuluh pertanian setempat.

Kepada Baginda Siagian dan Agus Hartono, perwakilan masyarakat didampingi Camat Tampahan Ir Freddy APanjaitan memberikan cenderamata berupa ulos Batak.

Ikut mendampingi bupati, Kadis Pertanian Ir TH Sitorus ,Kadis Ketapang Sahat Manullang SP, dan sejumlah pejabat Pemkab lainnya. Itp.Mantap