Kepala Desa di Labuhanbatu Ditegur Inspektorat Sumut Karena Verifikasi Ranperdes APBDes ke Dinas PMD

161

Labuhanbatu-intipnews.com: Kepala Desa Tebing Tinggi, Kecamatan Pangkatan, Suwanto, mengungkapkan , dirinya baru-baru ini diperiksa oleh tim dari Inspektorat Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Suwanto mengaku ditegur oleh tim pemeriksa, karena melakukan verifikasi Rancangan Peraturan Desa tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (Ranperdes APBDes) tidak kepada Camat, tetapi langsung kepada Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Labuhanbatu.

Suwanto mengungkapkan hal itu ketika dikonfirmasi wartawan, Rabu (29/11/2023) siang, di Rantauprapat.

Awalnya wartawan bertanya soal proyek LPJU yang menggunakan APBDes tahun anggaran 2023 di Desa Tebing Tinggi Pangkatan senilai Rp 126 juta.

Menurut Suwanto, proyek LPJU yang merupakan usulan warga saat musrenbang desa tahun 2023 itu, selanjutnya diajukan kepada Dinas PMD dan disetujui oleh Dinas PMD.

Saat ditanya, apakah selama ini pemerintahan desa melakukan verifikasi Rancangan Peraturan Desa tentang APBDes kepada Dinas PMD Kabupaten Labuhanbatu, dan bukan kepada Camat, Suwanto membenarkannya.

Namun, sambung Suwanto, baru-baru ini dia diperiksa oleh tim dari Inspektorat Sumut. Pada pemeriksaan itu dia ditegur oleh tim pemeriksa. Pasalnya, melakukan verifikasi Rancangan Peraturan Desa tentang APBDes langsung kepada Dinas PMD adalah tindakan yang salah.

Suwanto menambahkan, menurut tim pemeriksa dari Inspektorat Sumut, verifikasi seharusnya dilakukan oleh Camat terlebih dahulu.

” Iya, kami salah. Seharusnya ke Camat baru ke PMD, gitu. Inspektorat provinsi menyarankan ke Camat dulu baru ke PMD” bener Suwanto.

Intipnews com sudah berupaya mendapatkan konfirmasi dari Kepala Dinas PMD Kabupaten Labuhanbatu Abdi Jaya Pohan terkait pengakuan Suwanto soal verifikasi Ranperdes APBDes yang dinilai salah oleh Inspektorat Provinsi Sumut. Namun sampai berita ini dikirim ke redaksi, Abdi Jaya Pohan belum memberikan jawaban. (Itp AAT)