Kepemimpinan Ketum PB ESI Budi Gunawan Datangkan Prestasi Esports Indonesia di Kancah Internasional

7
Foto-Ist

Oleh : Riki Herlambang

Kepemimpinan Ketua Umum PBESI, Budi Gunawan sudah terbukti secara nyata sangat berhasil dengan mendatangkan banyak sekali prestasi yang berhasil dicetak oleh Tim Esports Indonesia di kancah dunia. Semua hal tersebut sama sekali tidak bisa dilepaskan dari bagaimana dukungan penuh yang telah diberikan oleh PBESI.

Ternyata telah terjadi banyak sekali perubahan dan perkembangan yang terjadi pada ekosistem esports di Indonesia. Hal tersebut semenjak kehadiran Pengurus Besar Esports Indonesia (PBESI) yang menjadi organisasi olahraga sekaligus wadah bagi para atlet esports Tana Air. Terutama tatkala era kepengurusan PBESI sejak ditantik pada tahun 2020 silam yang diketuai oleh Jend Pol (Purn) Budi Gunawan hingga peridoe 2020-2024 mendatang.

Bahkan sejak awal pelantikannya, Budi Gunawan langsung menyiapkan banyak sekali langkah strategis dengan penuh akan optimisme untuk bisa terus membawa kemajuan dalam rangka membangun perkembangan esports Indonesia ke arah yang jauh lebih baik ke depannya serta mampu untuk memajukan sektor lain di Indonesia seperti halnya ekonomi dan pariwisata.

Pria yang juga menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN RI) tersebut setelah awal dilantik langsung banyak membuat regulasi dengan jauh lebih jelas untuk bisa mengatur ekosistem esports Indonesia menjadi jauh lebih terarah, yang mana segenap regulasi tersebut ternyata langsung berkorelasi dengan bagaimana prestasi yang berhasil dicetak oleh para atlet esports Tanah Air hingga di level internasional.

Sejauh ini, masih terdapat sebuah kendala yang cukup krusial dalam ekosistem esports Indonesia, akan tetapi seluruh kendala tersebut perlahan-lahan mampu diatasi dengan sangat baik sejak era kepemimpinan Budi Gunawan menjadi Ketum PB ESI. Salah satu kendala yang sejak dulu menjadi tantangan adalah terkait belum tersedianya esports training center yang cukup memadai.

Mengetahui hal tersebut, kemudian pihak PBESI langsung bergerak dengan sangat sigap dan membangun esports training center untuk bisa menunjang seluruh performa hingga perkembangan seluruh atlet esports Tanah Air. Bahkan pembangunan training center tersebut juga telah sesuai dengan standar internasional.

Budi Gunawan sama sekali tidak ragu untuk terus memberikan semangat, dukungan hingga motivasi bahkan dalam bentuk yang riil kepada seluruh atlet esports Indonesia. Bahkan pihaknya juga sudah menyiapkan banyak sekali hadiah, yang mana bisa saja ditambahkan sesuai dengan keperluan para atlet, jika mereka masih memerlukan tambahan, maka pihak PBESI pun akan langsung menambahkannya.

Semua itu demi terus menunjang performa dari para atlet esports Indonesia untuk bisa terus berlaga dan mencetak prestasi demi prestasi dalam ajang internasional dan mampu untuk terus menjaga hingga membawa nama harum Indonesia di dunia. Dengan seluruh dukungan yang telah diberikan oleh PBESI tersebut, memang untuk target terdekat supaya Timnas Indonesia mampu menjadi juara umum dalam ajang IESF Bali 14th WEC 2022.

Kabar terbaru, dalam ajang yang diselenggarakan langsung di Pulau Dewata itu, Timnas Indonesia sendiri memang tidak henti-hentinya untuk terus mencetak kemenangan. Terakhir, kemenangan dipersembahkan oleh Timnas DOTA2 Indonesia setelah berhasil menundukkan Tim Aljazair dengan skor mutlak, yakni 2-0.

Menanggapi hal tersebut, Pelatih Timnas DOTA2 Indonesia, Adit Rosenda menyatakan bahwa kemenangan yang berhasil dikantongi oleh timnya tersebut terjadi karena persiapan sangat matang yang sudah dilakuka bahkan sejak jauh hari. Kemudian setelah keberhasilan anak asuhnya melibas Aljazair tersebut, ke depan dirinya mengarahkan timnya untuk tidak banyak membuang waktu dan langsung kembali berfokus memperispkan pertandingan selanjutnya, yang mana kemungkinan bisa saja melawan Kazakhstan atau Filipina.

Bukan hanya kemenangan dari pertandingan DOTA2 saja, melainkan sebelumnya, Timnas Indonesia juga sudah mencatatkan kemenangan tatkala bertanding melawan Argentina pada permainan Mobile Legends: Bang Bang (MLBB). Kemenangan yang dicatatkan pun kembali dengan skor mutlak 2-0.

Terkait hal tersebut, Staff Pelatih Timnas Indonesia MLBB, Steven ‘Age’ juga mengaku bahwa keberhasilan yang anak asuhnya peroleh bukanlah datang dari keberuntungan. Namun justru keberhasilan tersebut berasal dari bagaimana kerja keras dan persiapan yang sangat matang dilakukan sejak jauh hari oleh timnya.

Pada pertandingan pertama Timnas MLBB Indonesia, kemenangan juga berhasil dipersembahkan oleh Tim Evos selaku perwakilan Timnas Indonesia tatkala berjumpa dengan Tim Filipina. Atas seluruh keberhasilan tersebut, Ketua Pelatih Timnas Indonesia, Yohannes P. Siagian menjelaskan bahwa segala prestasi yang sejauh ini berhasil diperoleh memang akan semakin mempermudah dan membangkitkan optimisme untuk meraih target menjadi juara umum dalam IESF Bali 14th WEC 2022.

Seperti pesan langsung dari Budi Gunawan, dirinya berharap bahwa Indonesia memang harus bisa mempersembahkan kesuksesan, bukan hanya sebagai tuan rumah sekaligus penyelenggara ajang esports outdoor terbesar di dunia, melainkan juga harus sukses untuk meraih prestasi hingga mampu menjadi juara umum.

Banyak sekali prestasi yang sejauh ini berhasil diraih oleh Tim Esports Indonesia di kancah pertandingan dunia. Hal tersebut menjadi bukti dari bagaimana sukses dan berhasilnya kepemimpinan Budi Gunawan mengetahui PBESI karena memang mampu untuk terus membangkitkan ekosistem esports Indonesia menjadi semakin mendunia.

 Penulis adalah kontributor Ruang Baca Nusantara