Ketika Para Pelukis Cerita tentang Heritage Medan…

42
Teks Foto: "Maimun" karya Didi Panca, salah satu dari tiga puluh lukisan yang dipamerkan.Itp/Ist

Medan-Intipnews.com: Bangunan-bangunan bersejarah di Medan dalam berbagai gaya dan ekspresi seolah bercerita banyak dalam Pameran Seni Rupa “Heritage Kota Medan” yang digelar Forum Kesenian Medan (FKM) di aula Museum Negeri Sumatera Utara. Keharuan, kecemasan, dan harapan yang lahir dari realitas bangunan bersejarah saat ini pun mencuat dalam 30 karya pelukis Medan-Sumut yang mulai dipamerkan Senin (14/11/2022) hingga Jumat (18/11/2022) ini.

Para pelukis, antara lain Cecepriono, Yoesafrizal, Popi Andri Harahap, Didi Panca, dan Rudi Pama mengekspresikan pikiran dan perasaan mereka atas kondisi bangunan bersejarah ini melalui eksplorasi warna, bentuk, ruang, tekstur, maupun pencahayaan. Berbagai  aliran seni lukis pun mengemuka pada pameran ini, antara lain realisme, naturalisme, juga ekspresionisme.

Sebagian besar pelukis menggali sumber kreatif dari bangunan bersejarah di Kesawan, namun ada pula yang memandang kawasan lain. Salah seorang diantaranya, Hadi Ra, yang menampilkan keindahan bangunan Menara Air SP5 di kawasan Brayan Bengkel Baru yang masa pada lalu tampak begitu harmonis dengan lingkungan sekitarnya.

Pembukaan pameran ini ditandai dengan goresan kuas cat Wali Kota Medan diwakili Plt. Asisten Ekonomi Pembangunan Mansursyah pada sebuah kanvas. Selanjutnya, para pelukis peserta pameran bergiliran melanjutkan goresan itu dengan sapuan-sapuan beragam warna yang sinergis dan harmonis.

Sebelumnya, pada pembukaan yang diwarnai aksi melukis anak-anak dan penampilan musik itu, Ketua FKM Porman Wilson Manalu mengatakan pameran ini merupakan wujud kepedulian seniman terhadap pusaka, peninggalan, dan warisan kebudayaan kota. Karena itu, lanjutnya, karya-karya yang dipamerkan merupakan respon kreatif pelukis Medan-Sumatera Utara pada ide yang ditawarkan Heritage Kota Medan.

“Pencapaian dan gagasan lain yang muncul dari para pelukis ini, kita berharap bisa menjadi penyegaran atau memperkaya ekspresi seni rupa di Medan,” ungkapnya seraya mengajak masyarakat Medan menyaksikan pameran yang berlangsung hingga Jumat (18/11) nanti.

Dalam kesempatan itu, Porman Wilson mengungkapkan terima kasih pada para pelukis yang dengan total berpartisipasi dalam pameran kali ini.

“Kami mengucapkan terimakasih atas partisipasi para pelukis, juga  kepada Bapak Wali Kota Medan, Bobby Nasution serta jajarannya, atas dukungan penuh yang diberikan. Besar harapan, kegiatan ini dapat terselenggara kembali dengan tema yang berbeda pada masa mendatang,” ungkapnya.Itp.TL