Ketua MPM STIE Nias: Jangan Buat Opini Menjurus SARA

885
Ketua MPM STIE Nias Jangan Buat Opini Menjurus SARA
Ketua MPM STIE Pembangunan Nias, Tolona Gea. (Foto: Itp-irwanto)

NiasIntipnews: Ketua Majelis Perwakilan Mahasiswa (MPM) Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Pembangunan Nias, Sumatera Utara (Sumut), Tolona Gea, meminta berbagai pihak dan komponen masyarakat untuk tidak membuat opini-opini yang menjurus Suku, Agama, Ras dan Antargolongan (SARA).

Dia mengajak masyarakat untuk menciptakan rasa aman dan nyaman juga penuh rasa kekeluargaan, serta tetap menjaga kondusivitas di tengah-tengah masyarakat Kepulauan Nias.

Ajakan tersebut disampaikan Ketua MPM STIE Nias, Tolona Gea kepada wartawan, Senin (11/10) menyikapi respons berlebihan elemen masyarakat terhadap pernyataan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) 3,5, Balai Besar Pembangunan Jalan dan Jembatan Nasional (BBPJN), Firman Hutauruk.

“Setelah saya cermati video asli yang utuh, kata-kata Firman Hutauruk sudah muak di Nias, karena sudah tiga tahun dia jauh dari keluarga, dan itu merupakan ungkapan perasaan dirinya, karena merasa sendiri dan jauh dari keluarga,” tegas Tolona Gea.

Menurut Tolona Gea, tidak ada sama sekali kalimat yang menghina dan merendahkan martabat masyarakat Nias soal kata-kata yang dilontarkan Firman Hutauruk.

“Kalaupun ada yang mengartikan kata-kata muak yang disampaikan Firman Hutauruk sebagai bentuk penghinaan, dia sudah berkali-kali meminta maaf kepada publik, sehingga kita tidak perlu merespons secara berlebihan,” ujarnya.

Tolona berharap pada semua pihak, tetap menjaga kondusivitas dan tidak lupa untuk meningkatkan fungsi kontrol sosial diri masing-masing demi kesuksesan pembangunan di Kepulauan Nias. * irwanto