KPU Belum Terima Surat PAW Anggota DPRD Palas

193
KPU Belum Terima Surat PAW Anggota DPRD Palas
Divisi Teknis KPU Palas Rahmad Habincaran Daulay,S.Pd

Palas-Intipnews.com : Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Kabupaten Padang Lawas (Palas) sampai saat ini belum menerima  surat dan nama pergantian calon tersebut.

“Kami belum menerima surat permohonan dari DPRD Kabuoaten Palas,”kata Divisi Teknis KPU Palas  Rahmad Habincaran Daulay,S.Pd  terkait Anggota DPRD Kabupaten Palas dari partai Amanat Nasional (PAN) yang meninggal dunia bulan Febuari 2022, Senin (28/3/2022) di Kantor KPU Palas.

Pihaknya bakal memperoses  PAW Anggota DPDR Palas, apabila sudah mendapat surat resmi dari Pimpinan DPRD Palas. Setelah itu, KPU bakal memverifikasi calon pengganti dewan tersebut.

”Prosedurnya kami menerima surat dari Pimpinan DPRD, baru diproses. PAW Anggota DPRD juga harus memenuhi persyaratan,” jelas Rahmad didampingi bersama  Abdul Muluk Siregar, dan Indra Alamsyah Hasibuan.

Menurutnya calon DPRD PAW adalah calon yang memperoleh suara terbanyak. Urutan berikutnya dalam daftar peringkat perolehan suara dari parpol yang sama dan dapil yang sama.

Rahmad menambahkan, Agus Nasution dari Partai PAN berasal dari DPRD daerah pemilihan (dapil) lima (5) Kecamatan Sosa dan Kecamatan Batang Lubu Sutam, KPU bakal menyelesaikan klarifikasi dalam 5 hari kerja sejak diterimanya surat dari Dewan.

Lalu apabila calon PAW yang menyatakan akan menggugat pemberhentiannya tetapi dalam 14 hari kerja tidak menyampaikan bukti gugatan, proses PAW dilanjutkan, hal tersebut tertuang dalam Peraturan KPU Nomor 6 Tahun 2019 tentang Perubahan Atas Peraturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 6 Tahun 2017 tentang Penggantian Antar waktu Anggota DPD-RI, DPR-RI, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota, tegasnya. (Sahat Gemayel Lubis)