KSP Siap Bantu Bobby Nasution Realisasikan Penataan Kawasan Kota Lama & Revitalisasi Lapangan Merdeka

8
KSP Siap Bantu Bobby Nasution Realisasikan Penataan Kawasan Kota Lama & Revitalisasi Lapangan Merdeka
Walikota Medan Bobby Nasution saat menerima kunjungan dari jajaran Kedeputian II Kantor Staf Presiden (KSP) di Rumah Dinas Walikota, Jalan Sudirman Medan, Sabtu (23/10/21). | Foto: Ist

MedanIntipnews: Pemko Medan saat ini tengah fokus membenahi dan menata kawasan Kota Lama Medan, khususnya Kesawan. Sebab, kawasan itu terdapat potensi dan sesuatu yang menjadi nilai cagar budaya. Di samping itu Pemko Medan juga akan merevitalisasi kawasan Lapangan Merdeka Medan guna memberikan kenyamanan bagi masyarakat.

Demikian disampaikan Walikota Medan Bobby Nasution saat menerima kunjungan dari jajaran Kedeputian II Kantor Staf Presiden (KSP) di Rumah Dinas Walikota, Jalan Sudirman Medan, Sabtu (23/10/21). 

Kepada rombongan yang dipimpin Tenaga Ahli Madya Kedeputian II KSP, Nuraini tersebut, Bobby Nasution menuturkan bahwa Pemko Medan telah berkoordinasi dan membangun komunikasi dengan pihak-pihak terkait guna merealisasikan hal tersebut.

“Apa yang kami lakukan ini bukanlah wacana. Maka, secara matang kami persiapkan dengan sebaik mungkin hingga nantinya juga melahirkan hasil terbaik pula. Tujuan kita adalah menata kawasan kota lama sekaligus upaya pelestarian budaya dan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Dengan demikian, masyarakat dapat menikmati tidak hanya bangunan fisik saja, tapi juga manfaatnya,” kata Bobby Nasution.

Dihadapan rombongan KSP yang berjumlah empat orang tersebut, Bobby Nasution juga memperlihatkan gambaran konsep penataan yang nantinya akan diterapkan di kawasan Lapangan Merdeka Medan. Untuk itu, Bobby Nasution pun minta dukungan dan bantuan agar rencana pembenahan kota dapat berjalan lancar. 

“Kita butuh partisipasi dari semua pihak, terutama masyarakat. Apalagi, upaya yang kita lakukan ini menjadi bentuk implementasi dari masukan dan saran masyarakat. Untuk itu kami minta dukungan dan bantuan KSP agar apa yang direncanakan dapat direalisasikan,” ungkapnya.

Sementara itu, Tenaga Ahli Madya Kedeputian II KSP Nuraini mengaku, kedatangannya beserta rombongan untuk melakukan monitoring dan evaluasi sekaligus mengetahui kendala yang dijumpai Pemko Medan dalam merealisasi program pembenahan kota, terutama yang berkaitan dengan unsur kebudayaan.

Apalagi, terang Nuraini, Kedeputian II KSP memiliki tugas untuk membantu percepatan, pengendalian, monitor dan evaluasi penyelesaian masalah program prioritas nasional dan isu strategis bidang pendidikan, kesehatan, jaminan sosial, perempuan dan anak, agama, kebudayaan, riset dan teknologi, pemuda dan olahraga, desa, agraria dan kebencanaan.

Atas inisiatif tersebut, Nuraini mengaku apa yang dilakukan Bobby Nasution adalah sangat  positif. Untuk itu, pihaknya siap membantu agar rencana tersebut dapat terealisasi.

“Bahkan, jika kontribusi kita dalam merealisasi upaya pembenahan kota, terutama kawasan Lapangan Merdeka, maka nanti akan kami jadikan sebagai start poin untuk diterapkan di kota-kota lainnya,” ujar Nuraini. * Itp04