KTT AIS Forum, Presiden Jokowi: Konektivitas, Pemberdayaan Masyarakat Pesisir dan Pencemaran Laut Harus Diselesaikan Bersama

3

Nusa Dua, Bali–Intipnews.com: Indonesia menjadi tuan rumah KTT pertama _Archipelagic and Island States_ (AIS) Forum. Sebuah forum untuk penguatan kolaborasi negara kepulauan dan negara pulau yang dihubungkan oleh laut. Laut bukan pemisah antar daratan, tetapi justru pemersatu, perekat, dan penghubung antar daratan. 

“Sebagai sesama negara kepulauan dan pulau, terlepas besar atau kecil, maju atau berkembang, kita berbagi tantangan kompleks bersama yang saling terkait dan terhubung satu sama lain, seperti kenaikan permukaan laut, tata kelola, sumber daya laut, dan pencemaran laut,” kata Presiden Jokowi di BNDCC, Badung Bali, Rabu (11/10).  

Presiden Jokowi menambahkan KTT AIS Forum harus dapat menjadi ruang mencari solusi bersama-sama dalam penyelesaian masalah konektivitas, pemberdayaan masyarakat pesisir dan pencemaran laut. Tiga masalah ini penting untuk dapat dicarikan solusinya, mengingat KTT AIS Forum merupakan kumpulan negara pulau dan kepulauan yang memiliki komitmen untuk bersatu menghadapi tantangan yang ada

“Saya melihat bahwa kita harus dapat bersama-sama bersatu menyelesaikan masalah konetivitas, pemberdayaan masyarakat pesisir dan pencemaran laut,” tambah Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga menegaskan bahwa target utama KTT AIS Forum adalah _leaders declaration_ yang berisi harapan-harapan dari para pemimpin negara. Melihat penting adanya solusi atas permasalahan dari negara pulau dan kepulauan yakni sebagai wadah aspirasi dan harapan-harapan yang mengutamakan kepentingan masyarakat di negara itu sendiri.

“KTT AIS Forum ini ke depannya terus berkembang menjadi sebuah international organization yang dapat membantu kemaslahatan para islanders atau penduduk di negara pulau dan kepulauan, serta memperbaiki dan meningkatkan berbagai program dan kerja yang selama ini telah dilakukan oleh AIS Forum,” jelas Presiden Jokowi.

Presiden Jokowi juga mengingatkan bahwa bagi negara pulau dan kepulauan, laut adalah tulang punggung perekonomian dimana dibutuhkan solusi-solusi yang dapat dipergunakan bagi negara itu sendiri maupun negara berkembang lainnya.

Indonesia dipercaya untuk menjadi tuan rumah KTT AIS Forum pertama setelah direncanakan selama tujuh tahun sebelumnya. KTT AIS Forum berprinsip untuk merangkul dan bekerja sama dengan seluruh negara pulau dan kepulauan, serta membuat program yang berasal dari kepentingan masyarakat. 

Diharapkan dengan telah terselenggaranya KTT AIS Forum di Bali untuk pertama kalinya, akan semakin berkembang lagi kerjasama antar negara pulau dan kepulauan.  Indonesia akan menjadi negara penggerak dari AIS yang dapat terus berinovasi.itp.r