KTT ASEAN ke-43: Presiden Joko Widodo Pimpin Rangkaian Pertemuan

36

Jakarta-Intipnews.com: Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin seluruh rangkaian pertemuan hari kedua rangkaian Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-43 ASEAN di Jakarta Convention Center (JCC), Rabu (6/9/2023).

Presiden Jokowi telah melakukan beberapa pertemuan, diantaranya pertemuan bilateral dengan Presiden Bangladesh Mohammed Shahabuddin dan memimpin KTT ke-26 ASEAN-China yang diikuti oleh para pemimpin negara ASEAN bersama dengan Premier China Li Qiang.

Presiden Jokowi mengatakan tahun ini adalah 20 tahun Treaty of Amity and Cooperation (TAC) atau Aksesi Traktat Persahabatan dan Kerja Sama ASEAN-China.

“Selamat datang di Jakarta. RRT adalah satu dari 4 mitra dialog ASEAN yang memiliki status mitra strategis komprehensif dan tahun ini adalah 20 tahun aksesi RRT terhadap Treaty of Amity and Cooperation,” sambut Jokowi.

Jokowi menjelaskan kerja sama yang konkrit hanya bisa dilakukan bila memiliki rasa saling percaya antar satu dengan yang lain. Hal itu, lanjutnya, harus dibangun dan dipelihara oleh semua pihak.

“Kita perlu memahami semua ini dengan merealisasikan kerja sama konkrit yang saling menguntungkan. Di mana, hal tersebut hanya bisa dilakukan jika kita memiliki trust satu sama lain, yang tentu saja harus dibangun dan dipelihara oleh semua pihak,” tutur Jokowi.

Selain itu, Presiden Jokowi juga memimpin KTT ke-24 ASEAN-Republik Korea yang dihadiri oleh Presiden Republik Korea Yoon Suk Yeol, serta KTT ke-26 ASEAN-Jepang bersama dengan Perdana Menteri (PM) Jepang Fumio Kishida.

Siang harinya, Presiden Jokowi bersama dengan para pemimpin negara ASEAN mengikuti KTT ke-26 ASEAN Plus Three (APT), yang dihadiri oleh pemimpin negara RRT, Republik Korea, dan Jepang.

Di sela-sela pertemuan, Presiden juga melakukan pertemuan bilateral dengan Wakil Presiden Amerika Serikat Kamala Haris. Lalu, Jokowi serta para pemimpin negara juga mengikuti KTT ke-11 ASEAN-US di Ruang Cenderawasih 3, JCC. Setelah itu, KTT ASEAN-Kanada juga digelar dengan dihadiri para pemimpin negara ASEAN dengan PM Kanada Justin Trudeau.

Malam harinya, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana bersama para pemimpin negara serta pendamping menghadiri jamuan santap malam (Gala Dinner) dalam rangka KTT ke-43 ASEAN.

“Gala dinner dilaksanakan di Plataran Resto, Hutan Kota Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta Pusat, mulai pukul 16.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB,” ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman.

Sebelumnya, Latif menuturkan telah melakukan sosialisasi soal pengalihan arus lalu lintas selama pelaksanaan KTT ASEAN ini. Ia meminta pengertian dan dukungan masyarakat dalam menyukseskan gelaran acara tersebut. Itp.r