KTT ASEAN Ke-43 Sukses, Indonesia Serahkan Kepemimpinan ASEAN Berikutnya kepada Laos

9

Jakarta-Intipnews.com:  Puncak dari KTT ASEAN ke-43 di Jakarta Convention Center (JCC) telah berlangsung meriah dengan Closing Ceremony yang mengesankan, di mana tongkat kepemimpinan ASEAN resmi diserahkan kepada Laos. Acara ini menggambarkan keberhasilan kerjasama antarnegara dalam mencapai hasil-hasil penting selama pertemuan tingkat tinggi.

Dalam suasana penuh semangat dan harap, Presiden RI Joko Widodo, mewakili Indonesia sebagai tuan rumah, menyampaikan terima kasihnya.

“Ini menguatkan harapan, semangat, untuk terus melanjutkan perjuangan, mewujudkan kawasan yang damai, stabil, dan, sejahtera” ujar Presiden Joko Widodo, dalam acara penutupan KTT ke-43 ASEAN (7/9).

Jokowi juga mengungkapkan bahwa telah dilakukan 12 pertemuan yang menghasilkan 90 outcome documents dan sejumlah kesepakatan konkret dengan mitra.

“Selama pertemuan saya menangkap optimisme dan energi yang positif dari seluruh yang hadir, tutur Presiden Jokowi.

Pada acara ini, tongkat kepemimpinan ASEAN secara simbolis diserahkan dari Indonesia kepada Laos. Serah terima kepemimpinan ASEAN kepada Laos disambut antusias oleh para pemimpin negara anggota. 

“Dan dengan demikian KTT ke-43 ASEAN dan KTT Terkait Lainnya secara resmi saya tutup. Selanjutnya, saya mengundang Yang Mulia Sonexay Siphandone, Perdana Menteri Lao PDR, untuk meneruskan Keketuaan ASEAN di tahun 2024,” tutur Jokowi.

Selanjutnya, Presiden Joko Widodo mengundang Yang Mulia Sonexay Siphandone, Perdana Menteri Lao PDR, untuk menerima tongkat  dan meneruskan Keketuaan ASEAN di tahun 2024.

Dalam pidatonya, Perdana Menteri (PM) Laos menyebut akan menjalankan keketuaan dari apa yang telah dicapai Indonesia.

“Kami akan fokus pada penguatan komunitas ASEAN, di antara semuanya,” kata Sonexay Siphandone.

Closing Ceremony juga menjadi momentum untuk mengapresiasi peran dan kerjasama dari berbagai pihak, termasuk sektor swasta, dalam mendukung keberhasilan KTT ASEAN ke-43. 

Dengan Closing Ceremony yang meriah dan serah terima kepemimpinan ASEAN yang lancar, KTT ASEAN ke-43 ditutup dengan keberhasilan yang membanggakan. Puncak acara ini tidak hanya menjadi momen serah terima tongkat kepemimpinan, tetapi juga mengukuhkan kerjasama yang kuat dan komitmen bersama untuk menghadapi tantangan global.

Serah terima kepemimpinan kepada Laos menggambarkan spirit kontinuitas dan kesinambungan dalam menjaga stabilitas dan kemajuan kawasan. Dengan demikian, ASEAN terus menunjukkan peran pentingnya dalam mewujudkan kawasan yang lebih aman, stabil, dan sejahtera bagi seluruh negara anggota.Itp.r