KTT Perdana AIS Forum di Bali, Bahas Isu Global Bagi Negara Kepulauan

10

Bali-Intipnews.com: Archipelagic and Island States (AIS) Forum akan menggelar Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) AIS Forum di Bali, Indonesia, pada 11 Oktober 2023. Pertemuan ini merupakan yang pertama kali digelar dengan menghadirkan para pemimpin negara.

Terkait hal tersebut, Kepala Sekretariat AIS Forum, Riny Modaso menjelaskan bahwa KTT AIS 2023 ini menyerukan penguatan solidaritas untuk mengatasi permasalahan di sektor maritim.

Menurutnya, hal tersebut didasari atas prinsip bahwa AIS Forum diinisiasi sebagai wadah untuk mengatasi permasalahan yang dihadapi oleh negara – negara pulau dan kepulauan.

“Negara-negara pulau dan kepulauan umumnya menghadapi permasalahan yang sama ketika dihadapkan dengan isu-isu kemaritiman. Salah satu contohnya adalah perubahan iklim yang menyebabkan naiknya muka air laut,” kata Riny

“Yang pertama kali ditempa dengan masalah ini tentu saja adalah negara – negara pulau dan kepulauan. Di sinilah AIS Forum melihat bahwa perlu adanya upaya kolektif untuk mengatasi isu tersebut,” imbuhnya. 

Ia menambahkan bahwa untuk mengatasi permasalahan bersama itu diperlukan kolaborasi dan kerja bersama. 

“Inilah yang kemudian menjadi acuan bagi AIS Forum membawa pesan kunci solidaritas sebagai salah satu tema turunan. Dua bahasan pokok lainnya adalah Ekonomi Biru serta Laut Kita, Masa Depan Kita,” tegas Riny.

Indonesia sendiri telah mempersiapkan KTT AIS dengan sangat matang. Salah satunya adalah penyediaan jalur khusus bagi delegasi.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Bali Anggiat Napitupulu menyatakan bahwa terdapat dua stan untuk memudahkan kedatangan para delegasi KTT AIS.

“Dalam hal ini minimal ada dua stan (booth) yang akan melakukan tugas khusus tersebut,” ujarnya

Selanjutnya, dua stan tersebut akan dijaga oleh delapan petugas atau masing-masing empat petugas untuk dua stan. Sebab, tugas yang paling krusial adalah saat kedatangan pada delegasi di Terminal Kedatangan Internasional.

“Kedatangan saja yang krusial, sedangkan untuk keberangkatan ada 10 booth masing-masing ada dua petugas,” tuturnya

Sebagai informasi, tema utama AIS Forum 2023 di Bali adalah “Fostering Collaboration, Enabling Innovation, for our Ocean and Our Future” dengan menekankan pada blue economy, our ocean,our future, dan solidarity.Itp.r