Kualitas Demokrasi Pemilu 2024 Ditentukan Oleh Stakeholders

111
foto :istimewa
Teks Foto : Ketua KPU, Rektor ULB, Direktur dan Sekjen E-Dev berfoto bersama dalam workshop "Membangun Pemilu Berkualitas".Itp/Ist

Labuhanbatu-Intipnews.com: Kualitas demokrasi pada pemilu tahun 2024 sangat ditentukan oleh banyak faktor, diantaranya adalah bagaimana stakeholders yang terkait dengan penyelenggaraan Pemilu seperti KPU, Bawaslu, Kepolisian bisa berperanan secara maksimal.

“KPU misalnya berperan dalam penyelenggaraan yang harus berpedoman dalam kerangka Undang-Undang. Demikian juga Bawaslu berperan dalam pengawasannya” ujar Dr.Warjio Selaku Direktur Eksekutif Electoral Institute For Development Quality (E-DEV).

Dr. Warjio mengatakan hal tersebut di workshop bertemakan “Membangun Pemilu Berkualitas” di gedung auditorium Kampus Universitas Labuhanbatu (ULB), Kamis (22/09/2022).

Dia menambahkan, selain hal diatas, tokoh masyarakat dan Perguruan Tinggi (PT) juga harus dilibatkan.  Karena itu dia berharap para mahasiswa lebih cerdas mengikuti pemilu 2024.

“Kita harapkan adik-adik mahasiswa lebih cerdas lagi dalam mengikuti Pemilu yang akan datang. Tidak hanya di satu daerah melainkan di di seluruh nusantara ini” katanya.

Sekretaris Badan Kesbangpolinmas Nurdin Edi Fardiansyah selalu keynote speech mengapresiasi kegiatan workshop yang digagas lembaga electoral E-Dev dan ULB.

” Kami berharap nantinya dalam kegiatan workshop ini, adik-adik mahasiswa bisa lebih kritis. Pemilu ini kita harus peduli guna mewujudkan Pemilu yang berkualitas” ucapnya.

Sebagai narasumber workshop, yakni Rektor ULB Ade Parlaungan Nasution, Ketua KPU Labuhanbatu Wahyudi, Sekjen E-Dev M Yani Piliang serta diikuti mahasiswa, pelajar serta tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda.(Itp AAT)