Mendagari Minta Pemerintah Daerah Kendalikan Inflasi dan Hemat Energi

190
foto :istimewa
Teks foto: Serius: Wali Kota Binjai Amir Hamzah serius mengikuti rakor dengan Mendagari.( intipnews.com/ist)

Binjai- Intipnews.com : Menteri Dalam Negeri (Memdagri) Tito Karnavian dalam rapat kordinasi dengan kepala daerah melalui daring, Senin( 24/10/2022)minta pemerintah daerah memprioritaskan pengendalian inflasi di daerahnya.

Hal ini untuk memitigasi agar upaya pengendalian inflasi berjalan paralel dengan yang dilakukan pemerintah pusat. Tito meminta pemda menyusun komunikasi publik yang informatif, yakni dengan mengupayakan masyarakat agar tetap tenang dan jangan membuat masyarakat panik.

Selain itu, untuk mengendalikan inflasi, Mendagri juga meminta daerah melaksanakan gerakan penghematan energi, seperti dengan mematikan lampu yang tidak perlu di siang hari dan mematikan AC perkantoran setelah aktivitas perkantoran selesai.

Tito juga meminta adanya koordinasi pemerintah daerah dalam memenuhi komoditas pangan strategis. Misalnya dengan mensuplai komoditas dari daerah produksi yang surplus ke daerah yang kekurangan komoditas tersebut.

Selanjutnya, menteri dalam negeri mendorong pemerintah daerah untuk mengintensifkan jaring pengaman sosial. Di antaranya, anggaran belanja tidak terduga (BTT), bantuan sosial (bansos), anggaran desa, realokasi dana alokasi umum (DAU) dan bansos dari pemerintah pusat.

Wali Kota Binjai Drs. H. Amir Hamzah, M.AP mengikuti Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi Daerah bersama Kemendagri secara daring di Binjai Command Center didampingi  Kapolres Binjai AKBP Ferio Sano Ginting, Asisten Bidang Administrasi Umum Drs. Meidy Yusri, Kepala Bappeda Binjai Majid Ginting, Kadis Perindag Kota Binjai Hamdani Hasibuan, dan Kadis Sosial Kota Binjai Amransyah.(itp.04)