Menparekraf  sandiaga Uno Harapkan Kuliner Binjai  Berkembang

169
foto :istimewa
Foto: Penggiat UMKM Kopi H Rawi , Rini Riswani berdialok dengan Sandiaga Uno dan Wali Kota Binjai Amir Hamzah.(Intipnews.com/ Riza)

Binjai- Intipnews com: Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Salahuddin Uno berkunjung ke Kota Binjai dalam rangka Workshop KaTa Kreatif, Selasa, 20 September 2022 di Pendopo Umar Baki Binjai.

Kedatangan sosok yang akrab disapa Mas Menteri ini disambut langsung oleh Wali Kota Binjai Drs. H. Amir Hamzah, M.AP  dan Wali Wali Kota Binjai H. Rizky Yunanda Sitepu, STP. MP., bersama jajaran Forkopimda.

Wali Kota Binjai Amur Hamzah menjelaskan beberapa produk kuliner yang ada di Kota Binjai, sehigga dikenal sebagai Kota Kuliner. “Ada beberapa produk kuliner  kami unggulkan, seperti ifumi binjai, tahu balik, mie aceh, puding kelapa, dan kami juga punya produk andalan yaitu rambutan dan jambu madu,” jelas Wali Kota.

Wali Kota Binjai berharap usaha UMKM dan kuliner di Kota Binjai berkembang dan membawa nama Kota Binjai di kancah yang lebih luas lagi.

Dalam kesempatan tersebut, Menparekraf menyambut baik inovasi kuliner yang ada di Kota Binjai. Ia pun mengingatkan program 3G yang ia canangkan dalam upaya mendorong ekonomi kreatif di Indonesia, yaitu Gerak Cepat, Gerak Bersama, dan Garap Semua Potensi Online.

“Terimakasih Kota Binjai yang telah memberikan inovasi dan memajukan usaha kuliner. Sandiaga UnoIa minta seluruh pihak untuk ikut terlibat dalam mendorong bangkitnya ekonomi kreatif di Indonesia, serta menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja bagi masyarakat. “Mari sama-sama kita membangun dan bekerja sama dengan pemerintah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia,” ucapnya pula.

Selain melakukan kunjungan kerja, Sandi Uno juga menerima tantangan dari para pengusaha UMKM yang hadir untuk tidak sekadar menyicip kuliner khas Kota Binjai .

Ia pun mengajak Wali Kota Binjai dan jajarannya untuk turut membuat membuat inovasi toping serba rambutan khas Binjai. Sandi menyampaikan, inovasi sederhana seperti menambahkan toping dan kreasi pada makanan dapat meningkatkan nilai jual dan rasa dari makanan itu sendiri

Selain itu dilakukan workshop belajar foto produk untuk umkm langsung oleh narasumber Edysukma. Salh satu produk wajib difoto adalah produk kopi H Rawi yang pernah masuk nominasi 10 besar umkm di Padang( Sumbar)

Kunjungan Menparekraf di hadir  Kapolres Binjai AKBP Ferio Sano Ginting, Kajari Kota Binjai M. Husein Atmadja, Direktur Insfratruktur Ekonomi Kreatif Hariyanto, Pimpinan OPD di Lingkungan Pemko Binjai, Ketua 1 TP PKK Kota Binjai Winda Widya Rizky Yunanda Sitepu, serta para kader TP PKK Kota Binjai, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Binjai Ade Irma Irwansyah Nasution, dan para pengusaha kuliner dan UMKM Kota Binjai.(itp/ 04)