Menteri Agraria dan Tata Ruang Serahkan Lahan Sport Centre

15
Menteri Agraria dan Tata Ruang Serahkan Lahan Sport Centre

MedanIntipnews.com: Menteri Agraria dan Tata Ruang/BPN Sofyan Djalil menyerahkan lahan untuk pembangunan sport centre di aula T.Rizal Nurdin, Selasa( 28/12/21).

Selain Menteri Agraria dan Tata Ruang Sofyan Djalil, hadir pula Kepala Kantor BPN Sumut, Gubernur Sumut, Unsur Forkompimda se-Sumut, Kepala Biro Humas Pemprovsu, Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Wakil Wali Kota Medan, Direktur PTPN II dan jajaran, Kepala Kejaksaan Tinggi Sumut, dan para penerima sertifikat tanah.


Sofyan Djalil mengemukakan belum adanya jaminan kepastian hukum atas tanah seringkali memicu terjadinya sengketa dan perseteruan atas lahan di berbagai wilayah di Indonesia.

Lambannya proses pembuatan sertifikat tanah selama ini menjadi pokok perhatian Pemerintah. Untuk menanggulangi permasalahan tersebut, Kementerian ATR/BPN telah meluncurkan Program Prioritas Nasional berupa Percepatan Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).


PTSL adalah proses pendaftaran tanah untuk pertama kali, yang dilakukan secara serentak dan meliputi semua obyek pendaftaran tanah yang belum didaftarkan di dalam suatu wilayah desa atau kelurahan atau nama lainnya yang setingkat dengan itu. Melalui program ini, pemerintah memberikan jaminan kepastian hukum atau hak atas tanah yang dimiliki masyarakat.

Metode PTSL ini merupakan inovasi Pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN untuk memenuhi kebutuhan dasar masyarakat. Program tersebut dituangkan dalam Peraturan Menteri No 12 tahun 2017 tentang PTSL dan Instruksi Presiden No 2 tahun 2018.


Total penerima Sertifikat di Kota Binjai sejumlah 85 penerima, PTSL yang diserahkan kepada masyarakat sejumlah 79 penerima, dan kepada rumah ibadah 6 penerima. Secara simbolis penerima sertifikat dari Kota Binjai berjumlah 10 sertifikat, dua diantaranya adalah sertifikat rumah ibadah. Pemberian sertifikat ini diberikan se-Sumatera Utara namun secara simbolis diwakili oleh 4 Kab/Kota yaitu Medan, Deli Serdang, Binjai, dan Langkat, dan lainnya dilakukan secara virtual.


Dalam kesempatan tersebut, Sofyan A. Djalil berterimakasih kepada Gubernur Sumut atas dukungannya dalam menyelesaikan persoalan tanah yang pelik di Sumut. “Saya beruntung karena target-target di Sumatera Utara telah diselesaikan oleh Kepala BPN Sumut,” tandasnya. Ia juga menyampaikan komitmen bersama dalam pembuatan waduk sebagai salah satu warisan untuk anak cucu.

Ia menambahkan bahwa salah satu program Presiden Jokowi adalah memperbanyak waduk, dan akan diupayakan untuk melakukan pembangunan waduk di wilayah Sumut.
Kepala Kantor BPN Sumut dalam sambutannya menyatakan bahwa konflik agararia dapat terselesaikan dengan baik berkat dukungan seluruh pihak. Selain kepada rakyat, penyaluran sertifikat tanah diberikan kepada Pemerintah Provinsi Sumut untuk pembangunan Sport Center, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) dalam pengembangan kampus, sejumlah Pemerintah Kabupaten/Kota di Sumut serta instansi lainnya.

Sofyan juga menambahkan pada awal 2022, pihaknya akan meresmikan Bank Tanah. Sehingga semua HGU habis bisa masuk dalam Bank Tanah. Kemudian, bisa ditata kembali dengan lebih baik.


Kawasan Sport Center akan dibangun di atas lahan seluas 300 hektare. Sport Center ini sendiri dipersiapkan sebagai vanue untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024, di mana Sumut dan Aceh akan bertindak sebagai tuan rumah. * Itp.04