Menyambut HUT Ke-18, Pemkab Sergai Laksanakan Upacara

15
Menyambut HUT Ke-18, Pemkab Sergai Laksanakan Upacara
Pemkab Segai Laksanakan Uapacara HUT ke 18

Sei  Rampah-Intipnews.com: Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) mengelar upacara menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Sergai  ke-18 yang jatuh pada tanggal 7 Januari besok, di halaman kantor Bupati Segai di Sei Rampah Sumatera Utara.  

Dalam arahannya, Kamis 6 Januari 2022, Bupati Sergai H. Darma Wijaya menyampaikan berbagai capaian yang telah diraih oleh kabupaten yang tergolong masih berusia belia . Ia menyebut, perkembangan Kabupaten Sergai baik dari segi fisik maupun non-fisik setelah mekar dari kabupaten induknya Deli Serdang, tentunya telah banyak dirasakan oleh masyarakat.

Dalam mencapai program utama kami yang telah dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang kita kenal dengan sebutan Sapda atau Sapta Dambaan,” ucap Bupati.

Ia merinci jika Sapta Dambaan ini terdiri dari tujuh program andalan yang terdiri dari Sekolah Mandiri, Terampil, Asri, dan Berkualitas, Masyarakat Sehat dan Religius, Pertanian Mandiri dan Berkelanjutan, Infrastruktur Terintegrasi, Ekonomi Berdaya Saing, Wisata Maju Terus, Serta Birokrasi Dambaan.

Bupati melanjutkan, dirinya dan Wakil Bupati Sergai Adlin Tambunan berusaha merealisasikan visi “Sergai Maju Terus: Mandiri, Sejahtera, dan Religius”, dengan semaksimal mungkin. Pihaknya saat ini fokus dalam proses peningkatan kualitas infrastruktur, mulai dari jalan, jembatan irigasi.

Ia juga  menyebut sistem pemerintahan, pendidikan kesehatan dan layanan juga menjadi perhatian keduanya dalam perjalanan mewujudkan visi dan misi Kabupaten Sergai.

Kali ini katanya HUT ke-18 Kabupaten Sergai mengambil tema “Dengan Semangat Hari Jadi Kabupaten Sergai ke-18, Kita Tingkatkan Pembangunan Infrastruktur Terintegrasi Untuk Maju Terus”. Ini sesuai dengan Sapda keempat yang saat ini menjadi prioritas kami. Untuk itu, kita harus terus bergerak melaju dengan kecepatan di atas rata-rata dengan ritme kepemimpinan yang cukup menanjak.

Artinya terus menapaki setiap derap langkahh pembangunan yang meyakinkan untuk bisa dinikmati dan bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. “Tiada hari tanpa berbuat yang terbaik dalam melayani masyarakat Sergai,” tegasnya.

Bupati menyebut, karena begitu luasnya wilayah administrasi Kabupaten Sergai, sehingga pihaknya menerapkan strategi pembangunan dengan mengacu dan membaginya ke dalam 5 kluster pembangunan.

Ia menyebut, pembagian kluster itu terdiri dari kluster pertama yaitu Pegajahan, Sei Rampah dan Sei Bamban, kluster 2 Perbaungan dan Pantai Cermin, kluster 3 Tanjung Beringin, Teluk Mengkudu dan Bandar Khalifah, kluster 4 Dolok Merawan, Tebing Tinggi dan Tebing Syahbandar, kluster 5 Sipispis, Dolok Masihul, Serbajadi, Bintang Bayu, Kotari dan Silinda.

Dengan mekanisme pembagian kluster ini, Bupati menyebut perlahan namun pasti jalan yang ada di beberapa wilayah kabupaten Sergai secara bertahap telah diaspal dan dia bersama Wakil Bupati meyakini jika “Jalan mulus, Ekonomi bagus”.

Selain pembangunan infrastruktur, Bupati juga menyebut jika pihaknya telah berhasil menapakkan pondasi tata kelola pemerintahan yang akuntabel, profesional dan memenuhi prinsip-prinsip penyelenggaraan pemerintahan yang baik.

Hal tersebut, katanya, ditandai dengan Pemkab Sergai yang menerima opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI yang diserahkan oleh Kepala BPK RI perwakilan Sumut.

Prestasi ini, sebut Bupati, berkat hasil positif Laporan Hasil Pemeriksaan atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah Kabupaten Sergai tahun 2020.

Masih lanjut Bang Wiwiek, sapaan akrab Buapti, Kabupaten Sergai juga memperoleh prestasi berupa raihan predikat “B” atas kinerja Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah Daerah (SAKIP) pada SAKIP-RB awards 2020.

Kepada seluruh ASN, Bupati kemudian mengimbau untuk tetap menjaga loyalitas dan profesionalitas dalam menjalankan amanah yang diemban.Ia juga mengingatkan kembali kepada seluruh jajaran ASN agar tetap loyal dan tegak lurus dalam mendukung kebijakan strategis Kepala Daerah.

“Loyalitas bagi ASN merupakan sesuatu yang sangat penting sebab loyalitas merupakan salah satu cara untuk mencapai tujuan. Tujuan utama seorang ASN adalah menjadi pegawai teladan, baik dan berkualitas, dan yang terpenting dapat memberikan pelayanan maksimal bagi masyarakat,” kata Bang Wiwiek.

Perihal penanganan pandemi di Tanah Bertuah Negeri Beradat, Darma Wijaya mengatakan semua stakeholder telah bekerja keras untuk mencapai herd immunity, namun seluruh orang harus tetap waspada dan jangan lelah dengan menerapkan protokol kesehatan.

Di kesempatan ini, Bupati juga mengajak seluruh peserta upacara untuk sejenak hening cipta bagi para tenaga kesehatan yang gugur dalam perjuangan penanganan pandemi.

Terakhir Bupati berpesan agar seluruh ASN dan Tenaga Kontrak berkontribusi baik langsung maupun tidak dalam seluruh rangkaian hari jadi ke-18 Kabupaten Sergai dengan ikut berpartisipasi sesuai dengan tugas dan fungsi masing-masing.

“Kemudian saya juga meminta agar kita semua menyebarluaskan informasi rangkaian HUT ke-18 Kabupaten Sergai ke masyarakat luas dan ikut berpartisipasi melalui Media Center Sergai, Facebook, Instagram dan Youtube yang dikelola oleh Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sergai,” katanya.

Di akhir upacara, dilaksanakan pemberian penghargaan Satya Lencana kepada ASN  dan piagam penghargaan kepada ASN yang menjalani purnabakti.

Kemudian juga diadakan penyerahan piala kepada Penyuluh Pertanian Teladan, kecamatan dengan pencapaian PBB terbaik, kecamatan dengan sasaran HI tertinggi, serta piala kepada siswa SD dan SMP yang berprestasi dalam kegiatan Lomba Cepat Tepat yang dilaksanakan Dinas Pendidikan Kabupaten Sergai beberapa waktu lalu.

Hadir dalam kegiatan ini Wakil Bupati Sergai H. Adlin Umar Yusri Tambunan, ST, MSP, Wakapolres Sergai Kompol Sofyan, Kakan Kemenag Sergai H. Zulkifli Sitorus, MA, Sekdakab Sergai H. M. Faisal Hasrimy, AP, MAP, para Kepala OPD, para Camat, pejabat Administrator serta para Korwil. Itp05