MUI Binjai Selenggarakan Work Shop Produk Halal

83

Binjai-Intipnews.com: Wakil Ketua Umum MUI Kota Binjai Drs.H.Ahmad Fauzi Msi, membuka work shop produk halal yang diselenggarakan Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat MUI Binjai,Kamis( 9/11/2023) di aula MUI Jalan Olahraga Binjai.

Menurut Wakil ketua umum MUI Binjai Ahmad Fauzi kepastian halal sebuah produk sangat diutamakan, teruatam kepada konsumen muslim.  Apalagi di Binjai saat ini banyak tumbuh kafe dan warung yang menjual berbagai jenis makanan.” Kepastian halal itu harus diyakini selain bidang kebersihan,” ujarnya dihadapan 50 peserta work shop.

Ketua komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat MUI Binjai H.Rizal Nst menjelaskan, peserta work shop lebih kurang 50 orang terdiri dari perwakilan MUI Kecamatan, penyuluh agam dan pelaku usaha. Ketiga komponen yang diundang sebagai peserta merupakan yang terlibat dengan umat atau masyarakat.

Kemudian nara sumber dihadirkan ahli bidang kehalalan, Prof. Dr.Ir. Basyaruddin.MS merupakan direktur LPPOM MUI Sumatera Utara yang khusus membidang masalah halalnya produk.: Diharapan work shop ini dapat dijadikan momentum terbaik guna peningkatan perekonomian umat, terutama tentang peroleh kehalalan sebuah produk.” Tegasnya.

Prof.Dr.Ir.Basyaruddin MS memaparkan manajemen produksi produk halal, tentang hukum halal dan haram, produk yang disertifikasi. Basyaruddin menjelaskan berbagai syarat memperoleh label halal yang disesuaikan dengan UUJPH No.33 tahun 2014. Basyaruddin juga merinci,bagaimana proses label halal dan bagaimana kehalalan pemotongan ternak.

Work Shop produk halal yang diselenggarakan Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat MUI Kota Binjai, oleh ketuanya H.Rizaldi Nst,dihrapkan memberikan pencerahan, apalagi Binjai kini sudah menjadi kota kuliner.( itp.04)