MUI Binjai Sosialisasikan Fatwa Kreteria Pemimpin

64

Binjai-Intipnews.com :  DP Majlis Ulama Indonesia ( MUI) Kota Binjai melaksanakan pembinaan MUI Kecamatan dan tokoh agama serta BKM dengan  mensosialisasikan berbagai fatwa MUI . Dianataranya kreteria memilih pemimpin.

Wakil Ketua MUI Binjai Drs.H. Ahmad Fauzi.Msi mengemukakan pembinaan pengurus MUI kecamatan sangat diperlukan guna berperan di masyarakat. Pembinaan MUI kecamatan, Kamis( 19/10) di aula masjid Al Mutaqin,Jalan Samanhudi,Kelurahan Bhakti Karya,Kec. Binjai Selatan guna mensosialisasasikan berbagai fatwa. Diantaranya ijtimak ulama komisi fatwa tahun 2009 tentang pemimpin sesuai dengan al quran.

Drs.H.Ahmad Fauzi menjelaskan, sosialisasi kreteria pemimpin tidak  ada kaitannya dengan politik. Apalagi tahun ini sebagai tahun politik dengan dekatnya pemilu. MUI hanya mensosialisasikan berbaerapa fatwa diantaranya ijitimak  komisi fatwa se Indonesia tahun 2009.

Ketua komisi Fatwa MUI Binjai H.Zulkarnain Asry,LC sebagai nara sumber mengemukakan pemimpin memilik peran penting dalam membimbing umat dan menglola urusan publik. Memilih pemimpin yang tepat adalah kewajiban bagi setiap muslim. Sebab pemimpin yang baik berdampak positif para masyarakat dan menyebarkan keadilan serta kemashlahatan bagi umat.

Ada beberapa kreteria memilih pemimpin, pertama beriman dan taat kepada Allah SWT. Sesuai surat al maidah ayat 55 dan 56.. Kedua harus amanah. Pemimpin yang amanah akan membangun kepercayaan,meningkatkan kredibilitas. Memberikan contoh yang baik, mencegah korupsi dan punya integritas .

Ketiga  memilih pemimpin harus adil. Keadilan tidak dapat terwujud tanpa penegakan hukum yang adil. Sebagai pemimpin yang berlaku adil tidak boleh berusaha untuk menghindari hukuman atas kesalahan kelompok tertentu.Pemimpin juga harus membela hak azazi manusia dan memberikan akses yang adil kepada sistim peradilan kepada masyarakat.

Pembinaan dan sosialisasi fatwa MUI, Kamis( 19/10) juga dilaksanakan pengurus MUI Kec. Binjai Barat di pondok Wong Deso di Jalan Gatot Subroto. Sebelumnya MUI Kecamatan Binjai Timur di Aula MUI Binjai jalan Olahraga dan MUI Binjai Utara dan MUI Kec. Binjai Kota. Selain kegiatan MUI Kecamatan , komisi-komisi MUI kota Binjai juga akan menyelenggarakan kegiatan sesuai bidangnya masing-masing. ( itp.04)