MUI Kota Binjai Siap Bentuk Pinbas

99
MUI Kota Binjai Siap Bentuk Pinbas
Ketua komisi Ekonomi MUI memimpin rapat pembentukan Pinbas. (Itp/Ist)

Binjaiintipnews.com: Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kota Binjai, Sumatera Utara, melalui Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat, dalam waktu dekat siap membentuk dan mengembangkan Pusat Inkubasi Bisnis Syariah (PINBAS) Perwakilan MUI Kota Binjai.

“PINBAS adalah suatu lembaga intermediasi yang melakukan proses inkubasi terhadap tenant (peserta inkubasi), yang meliputi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM), serta koperasi,” ungkap Ketua Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat MUI Kota Binjai H Rizaldi Nasution SPdI MM, saat memimpin Rapat Kerja Komisi Pemberdayaan Umat MUI Kota Binjai di Masjid Baiturrahman, Kelurahan Berngam, Kecamatan Binjai Kota, Senin (13/12/21) malam.

Menurut Rizaldi, pembentukan PINBAS Perwakilan MUI Kota Binjai merupakan tindaklanjut hasil Rapat Kerja Bidang Pemberdayaan Ekonomi Umat MUI Sumatera Utara, yang dilaksanakan PINBAS Cabang MUI Sumatera Utara di Hotel Madani, Kota Medan, pada 28 November 2021 lalu.

Dalam pertemuan yang dihadiri empat perwakilan Komisi Pemberdayaan Ekonomi Umat, masing-masing dari MUI Kota Medan, MUI Kota Binjai, MUI Kabupaten Deliserdang, dan MUI Kota Tebingtinggi, dibahas rencana pembentukan Pusat Inkubasi Bisnis Syariah Perwakilan di empat kebupaten/kota terkait.

“Dapat dikatakan, PINBAS ini adalah wadah pengembangan dan pengelolaan UMKM dan koperasi berbasis syariah yang dikelola oleh MUI. Kebetulan di Sumut sendiri baru ada dua MUI yang membentuk dan mengelola Pusat Inkubasi Bisnis Syariah Perwakilan, yakni MUI Kabupaten Langkat dan MUI Kabupaten Serdangbedagai,” terang Rizaldi.

Menurutnya, tujuan dibentuknya PINBAS tidak lain untuk menumbuh kembangkan jiwa kewirausahaan, membuka lapangan kerja, mengentaskan kemiskinan, serta mengembangkan nilai tambah produk lokal yang halal dan daya saing daerah, sehingga mampu memberikan kontribusi pada sistem ekonomi pasar.

“Saat ini kita sedang menyusun daftar calon pengurus. Jika tidak ada kendala dan susunannya sudah final, InsyaAllah akhir Desember 2021 ini pengurus PINBAS Perwakilan MUI Kota Binjai akan dilantik dan mulai bekerja membangun ekonomi umat,” ujar Rizaldi. * itp/Rini