Nawal Lubis Tingkatkan Minat Baca dan Menulis Para Siswa

23
foto :istimewa
FOTO: Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis membuka Gebyar Literasi Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 16 Medan di Halaman SMA Negeri 16 Jalan Kapten Rahmad Buddin, Kelurahan Terjun, Kecamatan Medan Marelan, Senin (16/5/2022). (DISKOMINFO SUMUT)

Gebyar Literasi SMAN 16 Medan

Medan-intipnews.com: Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Sumatera Utara (Sumut) Nawal Lubis mengapresiasi Gebyar Literasi Sekolah (GLS) yang dilaksanakan SMA Negeri 16 Medan. Kegiatan tersebut diharapkan dapat memotivasi para siswa untuk memiliki budaya membaca dan menulis sepanjang masa.

Hal tersebut disampaikan Nawal Lubis selaku Ketua Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB) Sumut saat menghadiri kegiatan GLS yang dilaksanakan di halaman SMA Negeri 16 Medan, Jalan Kapten Rahmad Buddin, Kelurahan Terjun, Kecamatan Medan Marelan, Senin (16/5/2022).

Hadir Plt Kepala Dinas Pendidikan Sumut Lasro Marbun, Kepala Dinas Perpustakaan Sumut Halen Purba, Kepala Balai Bahasa Sumut Maryanto, serta para guru dan orangtua murid.

Menurut Nawal Lubis kecerdasan anak didik berawal dari kegemaran membaca, karena membaca membuat anak lebih berpikir kritis untuk mendukung keberhasilan dalam menangani berbagai persoalan. “Literasi tidak sekadar kemampuan membaca dan menulis tetapi literasi merupakan penguasaan teknologi, berpikir kritis dan peka terhadap lingkungan sekitar,” ujarnya.

Nawal berpesan kepada para duta baca SMA Negeri 16 Medan untuk tetap  menjadi duta baca di semua tempat. Para siswa yang menjadi duta baca untuk tidak berhenti, walau sudah tamat atau selesai sekolah, harus tetap menjadi duta baca bagi generasi masa depan Indonesia dan Sumut.

Dengan dilaksanakan GLS tersebut, Nawal juga berharap sekolah yang lain dapat menggelar kegiatan yang sama dan turut menciptakan duta-duta baca di sekolah masing-masing,  sehingga dunia pendidikan di Sumut menjadi lebih baik lagi.

Kepala Sekolah SMA Negeri 16 Medan Fauziah Hasibuan mengatakan GLS ini merupakan upaya untuk memberi kemampuan para siswa untuk lebih mengenal diri dan menyampaikan suatu pendapat, serta  menghubungkan sebab akibat.

“Gebyar Literasi ini telah dicanangkan di SMA Negeri 16 Medan sejak tahun 2019 dan terhenti dua tahun akibat pandemi Covid-19 tetapi secara intern literasi digital tetap dilaksanakan,” katanya.

Fauziah juga berharap, melalui kegiatan gebyar literasi tersebut dapat menjadikan anak didik mampu beradaptasi terhadap lingkungan dan memiliki ide, serta gagasan menciptakan barang dan jasa yang baru.

Selain itu, Fauziah  mengucapkan apresiasi dan terima kasih atas dukungan dan kehadiran secara langsung Ketua GPMB  Sumut Nawal Lubis. “Ini sebagai suatu kehormatan bagi  keluarga besar SMA Negeri 16 Medan, walau sekolah kami cukup jauh,” katanya. Ril/Itp05