NR Mart, Salah Satu Mini Market Pilihan Utama Masyarakat Pasaman Barat

124

Oleh: Natasya Syarifaturrahma Nasution Mahasiswi Departemen Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Andalas
Pasaman-Intipnewe.com: Ada banyak jenis UMKM yang tersebar di Sumatera Barat, salah satunya adalah NR Mart. Usaha yang bergerak di bidang minimarket ini
berlokasi di Jalan Lintas Sumatera, Pintu Padang, Kecamatan Ranah Batahan, Kabupaten Pasaman Barat. NR Mart ini telah berdiri sejak tahun 2018 yang dikelola pasangan suami istri, Rusdi Matondang (45) dan Hilda (45).

Di NR Mart ini, tersedia produk dan layanan berkualitas tinggi kepada pelanggan sejak awal berdiri. Itu sebabnya meski banyak toko yang tersebar di kawasan Ranah Batahan, namun NR Mart tetap menjadi pilihan utama para konsumen guna memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari.

“Kalau pengakuan dari masyarakat, toko kami jadi tujuan mereka berbelanja itu karena pelayanan maksimal dan kualitas produk yang terjamin,” kata salah seorang anak pemilik NR Mart, Muhammad Rifqi atau akrab dipanggil Bang Rifqi.

Sejak awal dibuka tahun 2018, NR Mart telah berkembang pesat. Ditambah lagi lokasinya berada di tepi jalan lintas sehingga menjadi salah satu daya tarik bagi para pembeli. Sudah itu NR Mart juga satu-satunya minimarket yang ada di daerah Pintu Padang dan sekitarnya.

“Di sini (Pintu Padang) minimarket masih sangat jarang, ada satu lagi toko mirip-mirip ini tapi lokasinya jauh,” ungkap Nelly, salah seorang ibu rumah tangga yang menjadi pelanggan setia NR Mart.

Guna memenuhi kebutuhan pelanggannya, NR Mart menyediakan berbagai produk, seperti makanan, minuman, produk kecantikan hingga perlengkapan rumah tangga. Dengan demikian semua kebutuhan pelanggan dapat ditemui di minimarket tersebut. Selain eceran, produk juga dijual dengan grosiran sehingga lebih murah lagi.

Untuk mempertahankan kepuasan pelanggan berbelanja, NR Mart terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik serta menjaga kebersihan minimarket sehingga pelanggan merasa nyaman saat berbelanja. Di samping itu
kualitas produk yang dijual juga selalu
diperhatikan secara berkala.

Cara pemilik dalam memanjakan pelanggan yang berbelanja ini lah menjadikan pelanggan NR Mart terus bertambah. Apalagi pemilik minimarket ini terus melakukan pembaharuan sehingga menjadikan NR Mart tempat belanja pilihan. Hal ini tentunya berdampak terhadap terus meningkatnya hasil penjualan sehingga pemilik NR Mart meraup keuntungan besar

“Kalau ada produk yang diminta konsumen tapi belum tersedia di toko, biasanya kami langsung melapor ke ibu. Nah besok harinya sudah ada saja mobil yang mengantarkan produk yang diminta pembeli tersebut,” ujar Noya, salah seorang pelayan NR Mart.

Dikatakan Noya, pemilik NR Mart selalu cepat untuk memenuhi kebutuhan yang diminta konsumen. Di samping itu, imbuhnya, mereka juga selalu memastikan dan memeriksa seluruh produk-produk yang dijual setiap harinya guna mencegah adanya yang kadaluarsa, tidak layak konsumsi maupun faktor lainnya

(Sumber: Dokumentasi M. Rifqi)