Oknum Guru di Nias Utara Tidak Masuk Tugas Sejak Awal Tahun

477
foto; gedung sekolah

Nias Utara-Intipnews.com: Oknum guru SMA Negeri 1 Tugala Oyo, Kabupaten Nias Utara, Sumatera Utara inisial ASS diduga tidak masuk tugas tanpa izin sejak awal tahun 2022. ASS yang bertugas sebagai guru Prakarya Ahli Pratama, penata muda golongan III/A di SMA Negeri 1 Tugala Oyo menurut informasi masih berada di luar Pulau Nias.

Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Tugala Oyo, Nias Utara Mei Folryaman Zebua yang dihubungi melalui telepon seluler, Selasa 25 Januari 2022, langsung mematikan telepon selulernya ketika mengetahui yang menghubungi adalah wartawan menanyakan perihal ketidakhadiran oknum guru ASS.

Dia juga tidak membalas pesan singkat yang dikirim melalui Whasapp, saat dikonfirmasi terkait kebenaran informasi jika oknum guru di sekolah yang dia pimpin berinisial ASS tidak pernah masuk tugas sejak awal tahun.

Hal serupa juga dilakukan oleh oknum guru ASS dimana telepon wartawan tidak diangkat dan pesan singkat yang dikirim melalui whasapp, Selasa, tidak dibalas.

Ketua Komite SMA Negeri 1 Tugala Oyo, Nias Utara Asanudun Gulo yang dihubungi pada hari yang sama membenarkan jika oknum guru SMA Negeri 1 Tugala Oyo, Nias Utara ASS tidak masuk tugas untuk mengajar siswa sejak tanggal 3 Januari 2022.

Dia bahkan memberitahu jika oknum guru ASS sudah kerap tidak masuk tugas sejak bertugas di SMA Negeri 1 Tugala Oyo, Nias Utara.

“Bahkan pada pada tahun 2021 dia pernah tidak masuk tugas selama dua bulan,” ungkap ketua komite SMA Negeri 1 Tugala Oyo, Nias Utara.

Asanudun mengakui jika Kepala Sekolah sudah melayangkan surat panggilan ke II kepada oknum guru ASS karena tidak masuk tugas tanpa izin sejak 3 Januari 2022 hingga kini.

Dia mendesak kepala sekolah SMA Negeri 1 Tugala Oyo, Nias Utara untuk melayangkan surat panggilan ke III, dan memberikan sanksi tegas kepada oknum guru ASS, karena perbuatannya membuat anak didik terlantar dan tidak mendapat ilmu tentang prakarya.(irwanto)