Partai Golkar dan PDI Perjuangan Bersaing Ketat Berebut Suara Tertinggi di Toba

73

Toba-Intipnews.com : Setelah ditetapkannya Daftar Calon Sementara (DCS) anggota DPRD Kabupaten Toba beberapa hari yang lalu, langsung mendapat tanggapan dari berbagai elemen masyarakat.

Tanggapan sementara ini, dijelaskan Direktur Eksekutif Lembaga Pemantau Pemilu independen (LPPi) Manuala Tampubolon SH (FOTO) dalam bedah daftar Caleg tadi siang di Coffe Enan Porsea, Senin (04/09/2023).

Disampaikannya kepada sejumlah wartawan yang hadir dalam edisi bedah Caleg, dari 17 Partai Politik yang mendudukkan calegnya, PDI Perjuangan bersaing ketat dengan Golkar memperebutkan suara tertinggi dalam Pemilu 2024 mendatang.

“Masih dalam perolehan suara Pemilu kemarin 2019, dimana kedua partai terbesar nasional ini bersaing ketat,Partai Golkar berhasil mendapatkan suara tertinggi (6 kursi) sehingga menduduki Ketua DPRD Toba disusul PDI Perjuangan sebagai Wakil Ketua yakni suara terbesar kedua (5 kursi), masih itu yang terjadi untuk 2024 nanti,” papar Manuala sebutan Mantap ini.

Lebih lanjut dibedah Manuala didampingi Direktur Distrik Indonesia Membangun (IM) Edison Marpaung, dari daftar Caleg mewakili Toba 1 meliputi Kecamatan Balige dan Tampahan, Partai yang memeroleh kursi diprediksinya akan diraih Partai Golkar, PDI Perjuangan, Partai Demokrat, Perindo,Gerindra dan Partai PKB.

Untuk Dapil yang merupakan ibukota Kabupaten Toba ini, diprediksikan agak hangat dalam perebutan suara. Bahkan dalam perhelatan nantinya,bisa saja PDI Perjuangan tetap meraih 2 kursi, dan Partai Golkar juga akan mencuri kemenangan baru meraih 2 kursi di Dapil ini.

Demikian halnya untuk Dapil 4 dan 5, PDI Perjuangan dan Golkar juga bersaing ketat,masing-masing akan memperoleh kursi, namun masih sulit memperoleh 2 kursi. PDI Perjuangan punya kans meraih 2 kursi di Toba 5, sementara Partai Golkar bisa mempertahankan 2 kursi di Toba 4.Sisa kursi lainnya akan diperoleh Partai Nasdem, PSI, Gerindra, PKB, Perindo dan PKN.

Yang agak berbeda sedikit, di Toba 3 yang meliputi kecamatan Porsea, Siantar Narumonda, Pintu Pohan Meranti dan Parmaksian. Partai yang mendapatkan kursi disini, juga partai yang sebelumnya pada Pemilu 2019, namun ada partai baru akan mendapatkan kursi, seperti PKN dan PSI.

Sama halnya dengan Dapil Toba 2 yang meliputi kecamatan Lumban Julu,Uluan dan Ajibata. Disini juga ada PKN diprediksi akan mendapatkan kursi. Itp Mantap