Pasar Glugur Juara 3 Lomba Pasar Pangan Aman Berbasis Komunitas Tingkat Nasional

34

Labuhanbatu-Intipnews.com: Pasar Gelugur Kabupaten Labuhanbatu meraih juara 3, pada lomba pasar pangan aman berbasis komunitas tingkat Nasional untuk wilayah regional barat tahun 2023. Atas capaian itu , Pemkab Labuhanbatu mendapat penghargaan dari Pemerintah Pusat melalui Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM).

Penghargaan tersebut diserahkan Deputi Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM Republik Indonesia Dra. Rita Endang,Apt, M.Kes, kepada Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setdakab Labuhanbatu Drs. Ikramsyah Putra Nasution, MM dan Kepala Bidang Pembinaan dan Pengawasan Pedagang Dinas Perdagangan dan Perindustrian Pemkab Labuhanbatu Mangontang Sitompul, SP, (foto) pada pertemuan teknis Gerakan Masyarakat Hidup Sehat Sadar Pangan Aman (Germas Sapa), di auditorium gedung Merah Putih Badan POM RI, Jakarta. Kamis (19/10/2023).

Capaian yang diraih Pasar Gelugur ini menambah sejumlah deretan prestasi Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu jelang akhir tahun 2023.

Pasar Gelugur berhasil menyabet juara 3. Juara 2 diraih Pasar Prawirotaman dari kota Yogyakarta, dan juara 1 dari Pasar Serikat Simabur dari Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat.

Asisten ll Drs. Ikramsyah Putra Nasution, MM mengatakan prestasi ini berdasarkan hasil penilaian BBPOM di Medan, pada bulan Januari 2023, lalu, terhadap beberapa profil pasar rakyat dari seluruh Kabupaten/Kota di Provinsi Sumut.

“Pasar rakyat Gelugur yang berada di Kelurahan Sirandorung, Kecamatan Rantau Utara, Kabupaten Labuhanbatu terpilih sebagai peserta lomba pasar pangan aman berbasis komunitas wilayah regional barat Tahun 2022, mewakili seluruh pasar rakyat yang ada di Provinsi Sumatera Utara” katanya, Jumat (27/10/23).

Kepala Bidang Pembinaan dan Pengawasan Pedagang Dinas Perdagangan dan Perindustrian Pemkab Labuhanbatu Mangontang Sitompul, SP, menambahkan,
waktu pelaksanaan penilaian dan verifikasi lapangan pada lomba pasar pangan aman berbasis Komunitas dilakukan Direktorat Pemberdayaan Masyarakat dan Pelaku Usaha Pangan Olahan BPOM Jakarta pada tanggal 22 Februari 2023 lalu, di Pasar Gelugur. (Itp AAT)