Pasokan Listrik di Pulau Nias Terganggu Akibat Tiang Tumbang

21
Pasokan Listrik di Pulau Nias Terganggu Akibat Tiang Tumbang
Sejumlah tiang listrik tumbang di sepanjang Jalan Pelud Binaka, Desa Ononamolo I Lot, Kecamatan Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli, Jumat 5 November 2021. (Foto: Itp-Aulia)

GunungsitoliIntipnews: Pasokan listrik di Kepulauan Nias, Sumatera Utara, terganggu akibat sejumlah tiang listrik tumbang di sepanjang Jalan Pelud Binaka, Desa Ononamolo I Lot, Kecamatan Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli, Jumat 5 November 2021.

“Ada sebanyak tiga tiang listrik di sepaniang Jalan Pelud Binaka, Desa Ononamo I Lot tumbang akibat jaringan tertimpa pohon yang tumbang,” ungkap Asisten Manager Bagian Jaringan, Consinus Sitorus.

Akibat tumbangnya tiang listrik tersebut, sempat membuat mesin Pembangkit Listrik Tenaga Diesel (PLTD) Idanoi yang ada di Kecamatan Idanoi, Kota Gunungsitoli padam.

Sehingga suplai daya atau pasokan listrik dari PLTD Idanoi ke Kota Gunungsitoli, Nias Utara, Nias dan Nias Barat terputus.

Namun gangguan terhadap penyaluran listrik untuk Kota Gunungsitoli dan Nias Utara serta sebagian Kabupaten Nias, sudah dapat diatasi dengan menggunakan PLTD Moawo yang ada di Desa Moawo, Kecamatan Gunungsitoli.

“Untuk Kota Gunungsitoli dan Nias Utara sudah dapat kita atasi menggunakan PLTD Moawo, dan sebagian daerah Kabupaten Nias menuju Nias Selatan sudah lancar menggunakan PLTD Idanoi,” ujarnya.

Daerah yang kini pasokan listriknya masih terganggu adalah sebagian daerah Kabupaten Nias yang menuju Nias Barat dan Kabupaten Nias Barat.

Consinus memberitahu, saat ini PT PLN UP3 Nias sudah mengerahkan sejumlah personil untuk melakukan perbaikan secepatnya, dengan dibantu oleh tiga unit mobil crant atau mobil derek untuk mendirikan kembali tiang yang tumbang.

“Kita berupaya secepatnya memperbaiki jaringan yang rusak, dan estimasi perbaikan kita perkirakan selama 5 jam” ucapnya. * Aulia