PB ESI Lepas 38 Atlet Esport Indonesia untuk SEA Games Kamboja

106

Jakarta-Intipnews.com: Ketua Harian Pengurus Besar Esports Indonesia (PB ESI) Bambang Sunarwibowo melepas sebanyak 38 atlet tim nasional esport Indonesia untuk SEA Games 2023 Kamboja di kantor PB ESI di Jakarta, Rabu (3/5/2023). Acara pelepasan timnas esport itu dihadiri juga oleh Sekretaris Jenderal PB ESI Frengky Ong dan Ketua Badan Tim Nasional Esport Indonesia Cahyono Prasetyanto.

Kontingen atlet yang diberangkatkan terdiri dari 32 atlet putra dan enam atlet putri. Sebanyak 38 atlet itu nantinya akan didampingi 15 ofisial tim. Untuk kategori atlet, terbagi satu atlet dari regional, delapan atlet nasional, dan 29 atlet elite junior.

PB ESI mengusung target juara kepada para atlet sport yang akan bertanding di SEA Games Kamboja. Pernyataannya ini selaras dengan pernyataan Presiden Jokowi yang mengharapkan peningkatan prestasi dari tahun sebelumnya.

“Dalam apa yang disampaikan oleh Beliau (Presiden), kita ditekankan untuk meningkatkan prestasi kita,” kata Bambang.

Ia juga menargetkan membawa pulang empat emas, tiga perak, dan satu perunggu.

Dalam rangka meraih juara dan memperoleh target lainnya, Bambang memberikan suntikan motivasi kepada para atlet untuk senantiasa melekatkan mental juara dan bertanding dengan semangat yang tinggi seperti pahlawan bangsa.

“Semangat dan motivasi Anda sebagai mental petarung, mental pejuang, mental sebagai seorang sang juara itu harus melekat kepada Anda,” kata Bambang.

“Harus bisa membangunkan semangat perjuangan sebagai pahlawan bangsa kita yang nanti akan mengibarkan bendera Merah Putih di dalam SEA Games. Kebanggaan itu harus tumbuh berkembang di hati dan pikiran anda sebagai seorang atlet,” kata Bambang.

Dia juga mengimbau kepada para atlet SEA Games untuk menyingkirkan ego pribadi, tidak boleh lengah, tidak boleh menyelepekan lawan, harus fokus, dan juga senantiasa menjaga pola makanan.

“Ego perorangan harus kita hilangkan. Hal-hal yang kecil harus kita kalahkan untuk mencapai hal terbesar yaitu anda harus menjadi yang terbaik, anda harus mendapatkan medali emas,” kata Bambang.

“Jangan sekali-kali lengah dan menyepelekan lawan. Semua berusaha untuk mencapai suatu yang berhasil. Anda jangan sampai berpengaruh karena tekanan situasi emosional, sehingga kemampuan anda menjadi menurun. Saya ingatkan para atlet, makannya. Makannya jelas dan benar. Jangan nanti coba makanan yang tidak biasa dimakan terus sakit perut, pada saat bertanding Anda tidak siap, ini kerugiannya sangat luar biasa,” kata Bambang.

Timnas esport Indonesia akan mulai bertanding di SEA Games Kamboja pada Senin (8/5). Indonesia mengikuti enam nomor yaitu Mobile Legend Bang Bang (MLBB) mens, MLBB women, PUBG Mobile Individual, PUBG Mobile team, Crossfire, dan Valorant.Itp.r