PDIP Optimis Elektabilitas Ganjar di Jabar Terus Tinggi

47

Oleh : Amara Anindya 

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) terus meyakini elektabilitas calon presiden Ganjar Pranowo di Jawa Barat terus tinggi, sehingga tidak perlu khawatir dan optimis pasti bakalan menang terlepas dari siapapun cawapres yang mendampinginya nanti.

Elektabilitas Ganjar di berbagai wilayah di Indonesia cenderung tinggi dan terus meningkat, salah satunya di wilayah Jawa Barat (Jabar). Bahkan Partai PDIP dengan optimis elektabilitas mantan Gubernur Jawa Tengah itu merambat tinggi dan akan terus naik. Banyak dukungan yang datang dari tokoh masyarakat hingga masyarakat biasa. 

Dukungan tersebut juga datang dari Himpunan Santri Nusantara (Hisnu) yang terus gencar untuk memperkuat Hisnu di wilayah Jawa Barat. Keduanya bertemu untuk memperkuat barisan dan memenangkan eks Gubernur Jateng itu. Hisnu Jabar terdiri dari berbagai kalangan santri dan kiai itu memiliki semangat untuk terus berupaya dalam memenangkan Ganjar Pranowo. 

Koordinator Hisnu di Jawa Barat terus bergerak untuk menyosialisasikan calon presiden Ganjar Pranowo ke masyarakat setempat. Ketua Hisnu Nasional Gus Yusuf Hidayat, mengatakan masyarakat Jawa Barat sudah tidak asing dengan sosok Ganjar Pranowo. Artinya bahwa elektabilitas GP terus melonjak tinggi, karena masyarakat memang sudah mengenali sosoknya. Dengan demikian, Ganjar dengan mudah untuk memenangkan suara di wilayah tersebut dengan mudah.

Hal ini tidak terlepas dari peran banyak relawan dari berbagai kalangan yang terjun langsung untuk mengenalkan sosok pemimpin yang identik dengan rambut putih itu ke masyarakat luas. Gus Yusuf juga menambahkan bahwa, masyarakat Jawa Barat sudah memahami bahwa asal-usul Ganjar Pranowo, mengenali istri dan keluarganya yang islami dan memang disambut baik, serta diterima oleh masyarakat. Namun, memang konsolidasi tersebut harus terus dilakukan agar elektabilitas GP di Jabar terus naik hingga pesta demokrasi tiba.

Menurut Kiai Muhammad Taqiyuddin Basri mengaku bahwa dirinya tidak sulit untuk menyosialisasikan Ganjar Pranowo lantaran memang sosoknya memiliki rekam jejak yang baik dan keberhasilannya dalam memimpin Provinsi Jawa Tengah sudah dikenal kalangan luas. Sehingga, masyarakat menyambut dengan positif kehadiran GP saat disosialisasikan oleh para sukarelawan. Dengan kata lain, adanya banyak dukungan yang diberikan kepada Ganjar, maka seluruh pendukungnya termasuk PDIP optimis bahwa kedepannya akan mengantarkan Ganjar pada jalan kemenangan yakni menjadi Presiden 2024 di periode mendatang.

Desas-desus mengenai calon wakil presiden (cawapres) yang akan mendampingi Ganjar Pranowo terus berhembus kencang. Nama-nama yang diberikan pun sama-sama memiliki elektabilitas yang tinggi dan cocok untuk mendampingi Ganjar sebagai wakilnya. Baru-baru ini nama Ridwan Kamil disebut-sebut sebagai pendamping Ganjar untuk maju di Pilpres 2024 mendatang.

Sebelumnya, memang ada pertemuan antara Ridwan Kamil dengan Ketua Umum (Ketum) PDIP, Megawati Soekarnoputri yang dijadikan sebagai penguat bahwa mantan Gubernur Jawa Barat itu akan mendampingi Ganjar sebagai wakilnya di Pilpres 2024. Dengan penguatan tersebut, memang masih ada kemungkinan-kemungkinan bahwa keduanya akan menjadi pasangan di Pilpres mendatang. Ganjar Pranowo dengan Ridwan Kamil merupakan kolaborasi yang pas untuk meningkatkan basis electoral Ganjar di Jawa Barat (Jabar). Pun demikian dengan siapapun dirinya berpasangan, Ganjar sudah mengantongi bekal elektabilitas dan rekam jejak yang baik di masyarakat. 

Berdasarkan survei Litbang Kompas, elektabilitas Mantan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) itu mencapai angka 30 persen. Angka tersebut memang sudah dianggap cukup tinggi karena masih punya banyak kesempatan untuk meningkatkannya lagi. Dengan waktu yang memang sudah semakin dekat, bukan tidak mungkin jika elektabilitasnya bisa naik terus di wilayah Jawa Barat.

Di sisi lain, dukungan terhadap Ganjar Pranowo terus berdatangan dari seluruh kalangan, diantaranya yaitu Ganjaran Buruh Berjuang (GBB) yang mendeklarasikan dukungannya kepada calon presiden Ganjar Pranowo. Melalui acara yang bertajuk ‘Dari Pabrik Buruh Menyapa Ganjar Pranowo sebagai Presiden Pilihan Buruh Indonesia’ yang diselenggarakan di Subang, Jawa Barat. Acara yang dihadiri oleh ribuan buruh tersebut memiliki komitmen yang kuat untuk memenangkan pemimpin yang dijuluki rambut putih itu sebagai Presiden 2024 mendatang. Bahkan mereka menggunakan atribut kaos bergambar wajah GP dengan menyerukan yel-yel ‘Ganjar Pranowo Presiden Pilihan Buruh Indonesia’.

Adapun alasan yang menjadikan para buruh memilih sosok Ganjar sebagai Presiden 2024 yakni, berdasarkan latar belakang yang dimilikinya, Ganjar sudah pernah memimpin Provinsi Jawa Tengah selama dua periode yang tentu saja sudah teruji dibandingkan dengan yang lainnya. Selain itu, menurut buruh sosok pemimpin tidak hanya pintar omong, tetapi juga harus diimbangi dengan pintar bertindak dan bekerja. Karakteristik tersebut dikatakan sudah ada pada sosok GP.

Dengan adanya ikrar tersebut, Ganjaran Buruh Berjuang (GGB) akan terus berupaya membantu memenangkan Ganjar Pranowo di wilayah Subang, Jawa Barat. Dengan demikian, dukungan terhadap Ganjar Pranowo semakin terus bertambah, melalui terobosan-terobosan kepada perusahaan hingga kolaborasi antar serikat Ganjar dapat memenangkan suara di wilayah Jawa Barat melalui elektabilitasnya yang memang sudah tinggi.

 Penulis adalah  kontributor GIGIH (Gerakan Inklusif Ganjar untuk Indonesia Harmoni)