Pelantikan Pengurus IKA USU Jakarta 2023-2027 : Membangun Ruang Sinergi Untuk Terus Berkontribusi

3

Jakarta-Intipnews.com: Universitas Sumatera Utara (USU) Medan saat ini telah menjadi salah satu universitas terbesar di Wilayah Barat Indonesia, terutama  Pulau Sumatera. Berdiri sejak tahun 1952, saat ini USU menuju peringkat World Class University (WCU). Ratusan ribu alumni yang tersebar di seluruh Wilayah Indonesia dari Aceh hingga Papua dan luar negeri berhimpun dalam Ikatan Keluarga Alumni (IKA) USU. 

Salah satu Pengurus Wilayah (PW) IKA USU adalah IKA USU Jakarta, IKA USU Jakarta sukses menggelar Musyawarah Wilayah (Muswil) IKA USU  pada November tahun lalu, hari ini, Sabtu 20 Januari 2024, PW IKA USU Jakarta, Periode 2023-2027 resmi dilantik dan akan dikukuhkan oleh Pengurus Pusat (PP) IKA USU.    

“Kami sangat bersyukur, roda organisasi alumni IKA USU Jakarta bisa kembali berjalan setelah Pengurus Pusat melantik kami secara sah sebagai Pengurus Wilayah IKA USU Jakarta. Setelah pelantikan kami langsung melakukan Rapat Kerja Pengurus, untuk menghasilkan program-program yang mengangkat nama almamater kami  dan pastinya bisa bermanfaat bagi para stake holder,” Ucap Ketua PW USU Jakarta Periode 2023-2024, Tujuh Martogi Siahaan, dalam orasi perdananya, Minggu (21/1/2024).

Kepengurusan IKA USU Jakarta Periode 2023-2024 terbilang cukup gemuk, terdiri dari 150 orang alumni USU Medan dari berbagai latar belakang profesi dan jenjang pendidikan, dari mulai jenjang Alumni lulusan Diploma (D3), Strata 1 (S1), Alumni Pasca Sarjana jenjang S2 hingga S3.   

Martogi mengungkapkan, banyaknya atau besarnya komposisi kepengurusan periode ini menjadi tantangan tersendiri baginya sebagai nakhoda PW IKA USU Jakarta Periode mutakhir ini, namun menurutnya tantangan tersebut juga memberikan sebuah peluang bagi Alumni, Mahasiswa, bahkan Institusi USU sendiri. Tentu harapannya pengaruh yang diberikan melalui program yang dikerjakan nantinya akan memberikan dampak yang signifikan bagi para stake holder baik itu Alumni, Almamater, Masyarakat dan Bangsa. 

Lebih jauh Martogi mengungkapkan, Jakarta sebagai pusat bisnis dan pusat pemerintahan Indonesia, juga menjaadi tempat berkumpulnya para alumni USU, maka menurutnya, sudah sewajarnya, Alumni-alumni USU yang berkarya di Jakarta, menjadi inspirasi bagi mahasiswa USU dan alumni yang baru saja lulus. Maka kata dia, dasar pemikiran ini akan menjadi pemantik program kepengurusan ini.   

“PW IKA USU Jakarta 2024 akan membangun ruang sinergi  semua pihak untuk berkontribusi demi kemajuan alumni dan kampus USU,” ucapya. 

Menjaga Pemilu Damai 

Mengingat Pelantikan PW IKA USU Jakarta kali ini, berdekatan dengan momentum penting bagi rakyat, bangsa dan negara Indonesia, yaitu dengan adanya pesta demokrasi pada pertengahan Februari 2024 mendatang, segenap pengurus dan anggota IKA USU Jakarta menghimbau seluruh elemen bangsa untuk menjaga keutuhan bangsa dan negara Indonesia. 

“Kami mendoakan yang terbaik bagi para alumni-alumni Sumatera Utara di seluruh Indonesia yang mengikuti Konstestasi politik seperti Pemilihan Kepala daerah dan Pemilihan Legeslatif.Selamat berkompetisi dalam mendapatkan hati rakyat Indonesia,” ucapnya. 

Sebagai organisasi atau lembaga, IKA USU Jakarta mendorong individu alumni-alumni untuk ikut serta atau berpartisipasi dalam pesta demokrasi kali ini. Namun secara organisasi atau kelembagaan IKA USU Jakarta berposisi netral, dalam dukung mendukung atau tidak memberikan dukungan terhadap salah satu Calon Presiden dan Wakil Presiden atau Partai Politik (Parpol) yang sednag berkontestasi tahun ini.  

“Jadi ini ketegasan sikap IKA USU Jakarta sebagai sebuah organisasi Ikatan Alumni,” ucapnya.

IKA USU Jakarta tentu punya harapan yang besar agar Pesta Demokrasi Pemilu tahun ini bisa berjalan dengan baik dan kondusif. IKA USU Jakarta selalu mendorong para alumni-alumni sebagai kaum intelektual untuk berperan aktif mensukseskan Pesta Demokrasi tahun ini, yang sederhana saja seperti  menggunakan hal pilihnya dan ikut menjadi agen sosialisasi di lingkungan sekitarnya. Bijak dalam menerima dan juga saat membagikan informasi melalui media sosial. 

“Kami berharap Pesta Demokrasi tahun ini bisa berjalan dengan baik dan aman, sehingga seluruh masyarakat bisa merasakan kegembiraan. Dan Pemilu tahun ini yang kita harapkan berjalan dengan baik, akan menjadi modal besar kita dalam menghadapi tantangan kedepan untuk mencapai Indonesia emas 2045”, pungkasnya. Itp05