Pemerintah Optimal Tingkatkan SDM dan Kesejahteraan Rakyat Papua

78
ilustrasi-Ist

Oleh : Hendrik Pattipawae
Pemerintah sudah sangat optimal dalam seluruh upayanya untuk meningkatkan kualitas SDM yang dimiliki oleh seluruh masyarakat Bumi Cenderawasih, bukan hanya itu, namun upaya untuk peningkatan kesejahteraan bagi seluruh rakyat di Papua pun juga dilakukan dengan sangat maksimal.

Pemerintah Republik Indonesia (RI) diera kepemimpinan Presiden Joko Widodo (Jokowi) memang memiliki komitmen yang sangat kuat untuk bisa terus memperkuat berbagai macam sektor di Papua mulai dari sektor pertanian, peternakan hingga perikanan di wilayah Timur Tanah Air tersebut.

Bahkan, secara berkali-kali Kepala Negara sendiri sudah melakukan banyak kunjungan kerja yang beliau hadiri secara langsung di Bumi Cenderawasih untuk memberikan dorongan dan motivasi bagi seluruh pihak pengembang agar semua sektor bisa berjalan sesuai dengan yang diharapkan, yakni mampu semakin meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat di Tanah Papua melalui adanya pemanfaatan potensi alam yang ada di sana.

Karena, sama sekali tidak bisa dipungkiri bahwa memang Tanah Papua merupakan sebuah tanah dan wilayah yang memiliki kekayaan sangat melimpah, mulai dari kekayaan sumber daya alam (SDA), hingga termasuk pula adanya kekayaan sumber daya manusia (SDM) yang banyak.

Sehingga, menjadi sangat penting pula bagi berbagai macam pihak termasuk Pemerintah RI untuk bisa semakin mengembangkan dan mendorong kemajuan SDA hingga SDM yang dimiliki oleh masyarakat di Bumi Cenderawasih. Selama ini, pemerintah sendiri juga telah memiliki banyak strategi dan program demi mewujudkan hal tersebut.

Dengan adanya Waibu Agro Edu Tourism yang merupakan milik Papua Youth Creative Hub (PYCH) binaan dari Badan Intelijen Negara (BIN), masyarakat mampu memaksimalkan adanya penggunaan bibit jagung yang berkualitas, yang mana ke depan diharapkan hasil dari panen jagung tersebut akan juga meningkat secara signifikan dan mendatangkan manfaat ekonomi yang lebih baik untuk para petani setempat serta mengurangi adanya ketergantungan impor.

Sementara itu, salah satu wujud dari bagaimana komitmen besar yang dimiliki oleh Pemerintah RI untuk terus mendongkrak kesejahteraan yang dimiliki oleh seluruh warga Papua adalah dengan adanya pelaksanaan acara Papua Street Carnival. Dengan adanya pesta rakyat tersebut jelas sekali mampu membuka berbagai macam kesempatan untuk para pemuda di sana.

Kesempatan yang telah dihadirkan oleh Pemerintah RI dengan sangat optimal melalui acara tersebut juga akan mampu menjadi sebuah peluang yang sangat berguna untuk semakin meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Bumi Cenderawasih, sehingga adanya target bahwa sebanyak 4,4 juta lapangan pekerjaan akan bisa dibuka di sana dan segera terwujud dengan nyata.

Presiden Jokowi sendiri selama ini juga telah sangat optimal didalam membangun Tanah Papua, bahkan bukan hanya dari infrastruktur saja yang terus dilakukan pembangunan akan berbagai macam sarana dan prasarana, namun pemerintah juga menyadari betapa pentingnya adanya pembangunan bagi SDM di masyarakat.
Tujuan dari seluruh pembangunan di Bumi Cenderawasih tentunya tidak lain dan tidak bukan adalah mampu menggantikan paradigma pembangunan yang selama ini diberlakukan di Indonesia, yang mana masih terkesan sangat Jawasentris kemudian diganti menjadi Indonesiasentris.

Dalam rangka untuk bisa terus mengoptimalkan adanya pemberdayaan dan pembangunan sumber daya manusia di Papua, memang pemerintah berfokus kepada bagaimana mengembangkan seluruh talenta dan bakat yang dimiliki oleh para pemuda di sana. Maka dari itu, dibangun dan diresmikan Gedung Papua Youth Creative Hub (PYCH) yang diinisiasi oleh Badan Intelijen Negara (BIN) dan mereka juga menjadi pihak pembimbing serta pembina bagi para generasi penerus bangsa tersebut.

Menurut Kepala Negara, adanya Gedung PYCH yang diperuntukkan bagi para pemuda di Bumi Cenderawasih tentunya diharapkan akan menjadi sebuah pusat kreativitas dan dapat terus mendorong adanya peningkatan kesejahteraan sera kemajuan bagi seluruh rakyat di Tanah Papua.

Karena, didalam gedung tersebut, semua pihak dan para pemuda di sana diberikan ruang yang sangat besar dan lebar hingga diberikan kesempatan yang sama. Karena memang sama sekali tidak bisa dipungkiri bahwa nyatanya para pemuda di Bumi Cenderawasih sendiri memiliki peluang yang sangat besar.

Hal itu menjadikan kesempatan bagi Tanah Papua pula dengan sama besarnya untuk menjadi para pemuda disana mampu bersaing dengan jauh lebih maksimal bahkan di kancah dunia. Diharapkan pula dengan adanya Gedung PYCH binaan dari BIN mampu memberikan peningkatan kesejahteraan bagi masyarakat dan pengembangan SDM yang layak di sana.
Optimalisasi akan peningkatan kesejahteraan dan juga pengembangan bagi sumber daya manusia (SDM) di Tanah Papua memang terus digencarkan oleh Pemerintah RI, khususnya di era kepemimpinan Presiden Jokowi dengan berbagai macam strategi hingga program, termasuk pula dengan adanya bantuan yang sangat maksimal dari Badan Intelijen Negara (BIN) menjadikan semua visi dan misi akan terwujud.

Penulis adalah Mahasiswa Papua Tinggal di Bali