Pemerintah Optimalkan Kualitas SDM Masyarakat Papua, Demi Wujudkan Indonesia Maju

8

Oleh: Recky Rumbiak 

Pemerintah Indonesia memiliki beragam program dalam rangka membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas diseluruh Indonesia, termasuk di bagian paling timur Indonesia yakni wilayah Papua. Sebagai bagian dari NKRI, pemerintah menegaskan menjadikan seluruh wilayah Papua sebagai prioritas utama dalam pembangunan SDM. Langkah ini dilakukan sebagai komitmen membawa manfaat yang nyata bagi penduduk Papua dan membantu menciptakan kondisi yang lebih baik untuk masa depan mereka.

Peningkatan kualitas SDM merupakan kunci dalam memajukan Papua selain percepatan pembangunan dalam bidang ekonomi dan infrastruktur. pentingnya melakukan investasi pada SDM Papua, karena faktor manusia merupakan faktor utama keberhasilan pengembangan Papua untuk bergerak maju ke depan.

SDM di Papua tentunya akan terus didorong baik melalui program pemerintah maupun bekerja sama dengan pihak swasta. Keterampilan spesifik yang dimiliki, akan dinilai penting untuk memenuhi kebutuhan tenaga terampil industri, peningkatan kompetensi dengan melatih keterampilan. sangat penting untuk berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi. SDM yang berkualitas berperan penting untuk perekonomian, politik, dan peningkatan kesejahteraan bangsa. Pemuda Papua harus ikut terlibat dan berkontribusi penuh dalam pembangunan SDM. 

Deputi bidang Koordinasi Peningkatan Kualitas Anak, Perempuan dan Pemuda Kemenko PMK, Femmy Eka Kartika Putri mengatakan agar para pemuda turut berkontribusi dalam setiap pembangunan SDM dan tidak lupa meningkatkan keterampilan dan keahlian potensi diri, Dengan kuantitas SDM yang baik, pemerintah berkomitmen untuk meningkatkan kualitas pengetahuan dan keterampilan Masyarakat Papua demi kesejahteraan dan kemajuan rakyatnya.

Berbagai upaya pemerintah terus dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya melalui pengembangan dan peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia. Direktur Kajian Kebijakan Publik Pemerintah Indonesia (Puskappi), Bobby Darmanto mengatakan dana otsus telah mengubah mindset masyarakat Papua untuk memiliki kemampuan bersaing dengan masyarakat lainnya bahkan dengan internasional. Semangat ini terlihat dari antusiasnya Pemuda Papua untuk mendapatkan beasiswa belajar.

Selain itu, dengan melimpahnya kekayaan Sumber Daya Alam (SDA) di Papua akan dapat berdaya guna bagi kesejahteraan Masyarakat Papua jika dikelola oleh SDM yang kompeten. Peningkatan kualitas SDM harus terus diperhatikan dan dikelola dengan tepat, mengingat kedepannya akan sangat dibutuhkan SDM-SDM unggul untuk membangun Papua.

Untuk memberikan ruang berkarya yang lebih kepada putra-putri Papua yang unggul, kreatif, dan maju, Kementerian PUPR telah melakukan pembangunan Pusat Pengembangan Kreatif Papua atau Youth Creative Hub di Jayapura, Provinsi Papua. Harapannya, hal ini akan menjadi pusat pengembangan talenta-talenta hebat di tanah Papua, serta menjadi pusat kreatif anak-anak muda Papua dalam memperkuat ekosistem inovasi.

Kunci gerbang masa depan Papua terletak di tangan generasi muda yang sehat, cerdas, terjamin pendidikannya. Fondasi ini akan melahirkan jiwa yang kuat, hati yang teguh, dan pribadi kompeten yang berkomitmen penuh membangun tanah Papua. Akselerasi dalam membangun infrastruktur merupakan langkah konkret pemerintah untuk memajukan SDM Papua. Karena dengan langkah tersebut, SDM Papua dapat mengelola SDA yang melimpah.

Wakil Presiden KH Ma’ruf Amin terus mendorong peningkatan kompetensi SDM dan produktivitas penduduk usia produktif di Papua. Langkah ini penting untuk mendorong keberhasilan pembangunan Papua. Saat mengunjungi dan menyapa para peserta didik Institut Pertambangan Nemangkawi milik PT Freeport Indonesia (PTFI) di Kabupaten Mimika, Papua Tengah, pemerintah mendorong berbagai program yang terkait dengan ketenagakerjaan. Salah satu langkah yang diambil adalah meningkatkan kompetensi dan produktivitas melalui pelatihan vokasi.

Program ini diselenggarakan sebagai bagian dalam upaya peningkatan kapasitas SDM yang menjadi fokus utama pemerintah dalam mewujudkan cita-cita Indonesia yang lebih maju. Pemerintah harus meningkatkan kompetensi dan produktivitas penduduk usia produktif agar memberi kontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi. Dalam upaya revitalisasi pendidikan, 

Wapres menambahkan, beberapa strategi telah diadopsi oleh pemerintah. Salah satunya adalah mendorong transformasi pendidikan dan pelatihan vokasi dari hulu ke hilir. Sehingga, fokus tidak hanya pada aspek teoritis, tetapi juga pada aplikasi praktis dalam dunia nyata.

Pendidikan bukan sekadar pengajaran atau transfer ilmu dari pengajar kepada murid, tetapi memberikan sumber pengetahuan yang lebih bersifat human development (membangun SDM) dalam segala aspek. Pengetahuan tersebut akan menjadi investasi terbesar yang dapat dimanfaatkan oleh para pemuda Papua untuk membangun dan memajukan Papua. Berbekal ilmu pengetahuan tersebut, masyarakat Papua akan memiliki pengetahuan mengenai wilayah Papua, mampu mengidentifikasi apa saja yang mereka butuhkan, dan menemukan solusi untuk mewujudkannya.

Dengan SDM berkualitas dari Orang Asli Papua (OAP) diharapkan akan membentuk nama-nama baru yang akan hadir dengan capaian-capaian nan gemilang. Dimana hal ini akan menyumbangkan banyak kemajuan di Papua hingga Nusantara. Negara yang makmur tentu berasal dari masyarakat yang sejahtera baik secara material hingga finansial. Maka dari itu, penting seluruh pihak bersinergi dan mendukung upaya pemerintah untuk mensukseskan setiap program di tanah Papua, demi mewujudkan Indonesia maju.

Penulis adalah tim redaksi Papua Muda Inspiratif (PMI)