Pemerintah Pastikan Jaga Keamanan Jaringan Telekomunikasi KTT AIS 2023

18

Bali-Intipnews.com: Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) Forum Negara-Negara Pulau dan Kepulauan (Archipelagic and Island States/AIS Forum) diselenggarakan di Bali pada 10 – 11 Oktober 2023. 

Dalam rangka menyukseskan KTT AIS 2023, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), memastikan infrastruktur telekomunikasi pada penyelenggaraan KTT AIS memadai dan lancar.

“Bisa kita pastikan jaringan telekomunikasi selama penyelenggaraan KTT AIS Forum ini lancar, baik untuk keperluan delegasi maupun untuk keperluan media,” ujar Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik Kemkominfo, Usman Kansong, Sabtu (7/10).

Kemenkominfo, kata Usman, bekerja sama dengan Telkom untuk memastikan kelancaran akses telekomunikasi selama ajang tersebut berlangsung.

Berbagai langkah mitigasi pun telah disiapkan untuk mengantisipasi kendala yang mungkin terjadi, termasuk jika terjadi gangguan atau putusnya jaringan maupun jamming komunikasi.

Usman juga menegaskan jika dukungan yang diberikan oleh Telkom tersebut selalu dipantau oleh Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) untuk memastikan kualitas layanan telekomunikasi tetap terjaga selama kegiatan berlangsung.

“Telkom itu di supervisi oleh Direktorat Jenderal SDPPI, jadi dikawal terus lewat balai-balai monitoringnya,” imbuhnya.

Sementara untuk hal keamanan jaringan, Usman menyebut bahwa pihaknya melibatkan Pusat Data dan Sarana Informatika (PDSI) Kemkominfo, serta mendapatkan dukungan dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Selanjutnya, pihak Kemenkominfo juga memastikan kesiapan Media Center yang dapat mendistribusikan siaran pers dalam dua bahasa (Indonesia dan Inggris), foto dan video, press briefing, dan berbagai materi yang dibutuhkan oleh para jurnalis peliput. 

Sementara itu, pihak kepolisian menggelar Operasi Tribrata Agung untuk mengamankan penyelenggaraan Konferensi Tingkat Tinggi Archipelagic and Island State (KTT AIS) Forum 2023 di Bali mulai 10 hingga 11 Oktober 2023.  

“Operasi Tribrata Agung akan digelar mulai 8 Oktober sampai dengan 13 Oktober 2023,” kata Kasatgas Humas Operasi Tribrata Agung Brigjen Ahmad Ramadhan.

Untuk diketahui, KTT AIS mengusung tema utama “Membina Kolaborasi, Memajukan Inovasi untuk Laut dan Masa Depan Bersama” (Fostering Collaboration, Enabling Innovation for Our Ocean and Our Future).ITP.r