Pemerintah Resmikan Bandara Ewer Permudah Aksesibilitas Rakyat Papua

44
Fpto-Ilustrasi-Ist

Oleh : Salmon Kadepa )
Peresmian Bandara Ewer merupakan sebuah bentuk nyata dari kuatnya komitmen yang dimiliki oleh Pemerintah di era kepemimpinan Presiden Jokowi untuk terus berupaya dalam memberikan layanan transportasi yang baik bagi seluruh rakyat di Tanah Papua tanpa terkecuali.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meresmikan Bandar Udara (Bandara) Ewer yang bertempat di Kabupaten Asmat, Provinsi Papua Selatan. Peresmian yang dilakukan oleh Kepala Negara tersebut berlangsung pada hari Kamis, tanggal 6 Juli 2023.

Tentunya bukan tanpa alasan mengapa Pemerintah melakukan pembangunan Bandara di Kabupaten Asmat tersebut. Pasalnya, memang pembangunan infrastruktur transportasi di Bumi Cenderawasih itu juga menjadi salah satu komitmen kuat dan bukti kerja nyata dari Presiden Jokowi untuk bisa terus memberikan pelayanan transportasi yang baik, khususnya bagi seluruh masyarakat di Kabupaten Asmat dan sekitarnya.

Harapan kuat dari Kepala Negara agar dengan diresmikannya bandar udara Ewer tersebut, maka akan bisa dimanfaatkan dengan sangat baik untuk bisa memenuhi segala kebutuhan transportasi, khususnya di jalur udara bagi seluruh masyarakat di sana.
Memang tidak bisa dipungkiri lagi bahwa dengan adanya keberadaan bandara merupakan sebuah infrastruktur yang sangat penting. Pasalnya, ketika sudah dibangun infrastruktur transportasi, maka otomatis juga akan mampu membantu adanya konektivitas dan juga keterhubungan antar wilayah, baik itu di kabupaten, provinsi maupun kebutuhan konektivitas dan mobilitas antar pulau.

Sehingga dengan dibangunnya dan telah diresmikannya Bandara Ewer sendiri, akan mampu untuk mempercepat adanya mobilitas orang dan juga mobilitas barang, apabila masyarakat di Kabupaten Asmat hendak melakukan pengiriman barang ataupun hendak mendatangkan barang tertentu dari wilayah luar. Serta juga bisa semakin membuka keterisolasian suatu daerah.

Data menunjukkan bahwa Bandara yang berada di Kabupaten Asmat itu saat ini sudah bisa melayani beberapa penerbangan di berbagai wilayah, mulai dari Timika, Kamur hingga ke Merauke. Bahkan untuk saat ini sendiri, bandar udara tersebut sudah aktif beroperasi, yang mana setiap minggu menuju ke Timika dengan 2 (dua) kali penerbangan, kemudian dari Kamur dalam satu pekan sudah ada 4 (empat) kali penerbangan dan dari Merauke sudah terdapat 4 (empat) kali penerbangan pula.
Presiden Jokowi sangat yakin dan sangat optimis bahwa dengan adanya Bandara Ewer, maka akan semakin mampu untuk mendorong adanya peningkatan akan kegiatan pariwisata di Kabupaten Asmat. Selain itu, dengan adanya peresmian bandar udara tersebut juga akan mampu semakin meningkatkan perekonomian di masyarakat, sehingga rakyat di Kabupaten Asmat ke depannya akan menjadi semakin berkembang dan mengalami kemajuan.

Bukan hanya bertujuan untuk semakin meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian serta memajukan masyarakat di Kabupaten Asmat saja, melainkan juga dengan adanya bandar udara tersebut diharapkan akan mampu untuk semakin menunjang dan secara umum mendatangkan banyak sekali dampak baik untuk Provinsi Papua Selatan agar terus mengalami peningkatan.

Tidak bisa dipungkiri, dengan adanya pembangunan hingga sampai saat ini telah diresmikannya Bandara di Kabupaten Asmat tersebut, menurut Presiden Jokowi hal itu merupakan sesuatu yang sangatlah penting dan memiliki peran yang snagat banyak untuk berbagai macam kebutuhan transportasi masyarakat.

Mobilitas orang dan juga barang akan menjadi semakin cepat, entah itu menuju ataupun dari Asmat ke wilayah lainnya. Apalagi, memang di Bumi Cenderawasih sendiri, khususnya di wilayah tersebut masih bisa dikatakan memiliki medan yang cukup ekstrem dan sejauh ini infrastruktur di sana juga masih kurang.

Kepedulian yang sangat tinggi dari Kepala Negara kepada provinsi paling Timur di Indonesia itu sama sekali sudah tidak perlu diragukan lagi, karena beliau bahkan menjadi Presiden yang paling banyak melakukan kunjungan secara langsung di Tanah Papua jika dibandingkan dengan pemimpin lainnya.
Selain itu, sejak era kepemimpinan Presiden Joko Widodo sudah banyak sekali perubahan yang dilakukan, khususnya dalam sektor pembangunan infrastruktur, yang mana beliau sangat bertekad untuk mengganti paradigma pembangunan sebelumnya. Jika sebelumnya masih bisa dikatakan sangat Jawasentris, namun saat ini pembangunan di Tanah Air menjadi berparadigma Indonesiasentris.

Dalam artian, seluruh pelosok di Nusantara akan mengalami pembangunan infrastruktur yang sangat merata sehingga sudah tidak terjadi lagi adanya kesenjangan sosial ataupun kesenjangan perekonomian di masyarakat.

Salah satu bukti lain dari bagaimana kepedulian dan komitmen kuat yang dimiliki oleh Pemerintah, khususnya semenjak era kepemimpinan Presiden Jokowi adalah beliau juga terus berupaya untuk memberikan yang terbaik, termasuk dalam pelayanan transportasi bagi rakyat di Papua dengan adanya peresmian Bandara Ewer di Kabupaten Asmat.

Penulis adalah Mahasiswa Papua tinggal di Bandung